Mengatasi-Kuota-Masih-Ada-Tapi-Tidak-Bisa-Internetan
General

Mengatasi Kuota Masih Ada Tapi Tidak Bisa Internetan

Mengatasi Kuota Masih Ada Tapi Tidak Bisa Internetan

Pernah mengalami koneksi internet macet dan tidak mau jalan padahal masih punya kuota di ponsel? Sama! Saya juga sering mengalaminya, dan saya sudah menemukan cara untuk mengatasinya.

Mengatasi-Kuota-Masih-Ada-Tapi-Tidak-Bisa-Internetan

Pada kesempatan kali ini saya akan share cara mengatasi kuota internet yang masih ada tapi tidak bisa berinternet yang sederhana tapi terbukti berhasil.

Berselancar di dunia maya sudah menjadi aktivitas yang tidak lepas dari kehidupan masyarakat saat ini. Mulai dari anak SD hingga orang tua dapat menikmati akses internet yang lebih mudah dengan hadirnya gadget.

Jadi ingat waktu masih sekolah, kalau mau akses internet harus ke rental komputer atau ke warnet yang jaraknya lumayan jauh dari rumah, kadang harus antri. Berbeda dengan saat ini di mana hampir semua orang memiliki gadget di tangan mereka.

Oke, kembali lagi ke topik bagaimana cara mengatasi internet yang tidak berfungsi meski kuota masih ada. Hal ini memang menjadi masalah yang sangat sering dialami, bahkan untuk HP merk tertentu pun koneksi internet yang macet ini bisa terjadi berkali-kali dalam sehari.

Cara Mengatasi Kuota Yang Masih Ada Tapi Tidak Bisa Internet

1. Hidupkan mode pesawat lalu matikan lagi

Jika tiba-tiba akses internet di HP kamu menjadi lambat bahkan kamu tidak bisa terkoneksi sama sekali, maka cara pertama yang paling sederhana adalah dengan mengaktifkan mode pesawat di HP kamu. Biarkan beberapa saat dan kemudian matikan mode pesawat lagi.
nyalakan mode pesawat

Cara ini terkadang cukup ampuh untuk mengatasi kemacetan internet meski kuota kita masih ada. Dengan mengaktifkan dan kemudian menonaktifkan mode pesawat kami telah menghidupkan kembali sinyal di ponsel, dan cara ini memang terbukti berhasil.

2. Matikan sinyal radio lalu hidupkan kembali

Cara yang kedua untuk mengatasi kuota internet tapi tidak bisa berinternet adalah dengan mematikan sinyal radio Hp kemudian hidupkan kembali. Cara ini sebenarnya mirip dengan yang pertama, tetapi perbedaannya adalah kita hanya dapat memilih satu nomor untuk dinonaktifkan.

Pertama panggil kode ini:

* # * # 4636 # * # *

Nanti kita akan masuk ke info telepon dan jendela pengujian. Pilih berdasarkan SIM mana yang digunakan untuk berinternet. Jika yang ingin berselancar adalah SIM 1 maka pilih Informasi telepon 1.
masuk ke menu info telepon

Nanti kita akan melihat statistik koneksi internet kita disana. Cukup buka opsi Daya Radio Seluler lalu tekan sekali untuk menjadi Mati.
matikan sinyal radio

Tunggu beberapa saat lalu tekan lagi untuk menjadi On. Sinyal di hp akan restart dan koneksi internet yang sempat macet akan lancar kembali.

Di HP lain menu Mobile Radio Power mungkin punya nama yang berbeda-beda, yang jelas cari saja menu yang bertuliskan “radio”.

Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi tidak bisa berselancar internet padahal kuota internet kita masih banyak. Biasanya setiap saya mengalami masalah dengan koneksi internet, hal pertama yang saya lakukan adalah mematikan dan menyalakan kembali sinyal radio ini, dan terbukti berhasil.

3. Mulai ulang Hp

Jika kedua langkah di atas masih belum bisa menyelesaikan masalah tidak bisa berinternet, maka langkah ketiga yang bisa kamu coba adalah merestart HP.

Terkadang di sistem Android ada program yang tumpang tindih (bentrok) yang dapat menyebabkan koneksi internet rusak. Itu bisa terjadi setelah kita menjalankan aplikasi atau aplikasi yang berat dengan bug yang mengganggu sistem Android di ponsel kita.

Nah untuk mengatasi masalah ini kita harus merestart hp kita agar system di reload dan program yang menyebabkan koneksi internet macet bisa ditutup.

Jika Anda mengalami masalah Anda tidak bisa berselancar di internet tetapi Anda masih memiliki kuota, maka cara ini mungkin bisa menjadi solusi.
4. Instal termux untuk melakukan ping

Hampir semua smartphone tidak menyertakan aplikasi terminal sebagai aplikasi default, padahal terminal ini sangat penting, seperti halnya CMD di Windows. Kami dapat memberikan berbagai perintah ke sistem melalui aplikasi terminal.

Di Android kita dapat menginstal aplikasi Termux, yang merupakan aplikasi terminal khusus untuk Android. Ada banyak sekali fungsi Termux, namun khusus untuk masalah koneksi internet ini kita akan menggunakan yang paling sederhana yaitu fungsi ping.

Dengan melakukan ping ke hp kita bisa mendapatkan informasi apakah koneksi internet di hp kita sedang berjalan atau tidak, cepat atau lambat. Dan ping ini terkadang juga bisa bertindak sebagai iming-iming agar koneksi yang macet bisa berjalan kembali.

Instal terlebih dahulu aplikasi Termux di ponsel Anda:
Unduh Termux

Setelah terinstal, buka aplikasinya, lalu langsung ketikkan kode berikut:

Ping 1.1.1.1

atau

Ping 8.8.8.8

Biarkan sesi ping di Termux tetap berjalan selama Anda melakukan aktivitas berselancar di internet, karena fungsi ping ini juga dapat menjaga koneksi agar tidak macet.
5. Instal aplikasi pemantauan jaringan
aplikasi android untuk memonitor kecepatan internet

 

Lihat Juga :

https://www.mobifrance.com/

https://bootb.com/