teleskop
Umum

Pengertian dan Bagian-bagian Teleskop

Pengertian dan Bagian-bagian Teleskop

teleskop

Pengertian teleskop

Teleskop atau teropong adalah alat observasi yang mengumpulkan radiasi elektromagnetik dan sekaligus membentuk gambar dari objek yang sedang diamati. Teleskop dianggap sebagai alat terpenting dalam pengamatan astronomi. Jenis teleskop (biasanya optik) yang digunakan untuk keperluan ini antara lain bukan astronomi, monokuler, teropong, lensa kamera, atau teleskop. Teleskop meningkatkan ukuran sudut objek dan kecerahannya. Alat yang menggunakan lensa ini selain fungsi dan bagian mikroskop, memiliki perbedaan hanya pada bagian besar dan kecil dari benda yang terlihat disamping jarak pandangnya.

Bagian teleskop

Bercak optik seperti teleskop miniatur yang dipasang pada busur tabung teleskop, yang memperbesar kolom gambar dan membentuk tepat di tengah bintang.

Fotografer

setiap teleskop memiliki korektor fokus dan perangkat fokus hadir dalam berbagai gaya. Terlampir pada tabung teleskop dan teropong yang memegang lensa mata. Sebagian besar model teleskop memiliki tombol di samping (rak dan pinion, Crayford) yang memungkinkan ban dalam bergerak ke atas dan ke bawah hingga fokus tercapai, tetapi beberapa model (heliks) memiliki tombol kiri atau kanan untuk mencapai fokus.

Lensanya selebar dan beragam seperti teleskop itu sendiri. Pada dasarnya, lensa teleskop merupakan susunan lensa dalam matriks silinder untuk membantu memperbesar suatu gambar. Mereka datang dalam berbagai ukuran untuk menyesuaikan fokus dan faktor gaya dan zoom yang sama

Tabung teleskop

Setiap teleskop juga berisi tabung – atau tabung optik, yang hanya tabung berlubang yang terbuat dari bahan yang berbeda yang bagian-bagian teleskop dipasang. Untuk teleskop refraktor, lensa utama berada di depan dengan fokus di belakangnya, sedangkan reflektor memiliki cermin utama di belakang, depan terbuka dan fokus berada di sepanjang sisi atas. Desain bervariasi antara jenis teleskop dan pabrikan

Sel cermin primer: Ini adalah kit lengkap yang berisi cermin utama teleskop pemantul. Desain juga bervariasi dari pabrikan ke pabrikan, tetapi prinsipnya sama: memegang cermin dan memungkinkan penyesuaian.

Lensa, adalah rakitan utama ringan dari teleskop refraktor. Ini pada dasarnya adalah lingkaran yang menahan lensa utama di tempatnya dan dipasang di atas tabung teleskop.

Dudukan tripod, setinggi 3 kaki di atas teleskop, yang menahan teleskop pada ketinggian di mana orang dapat berdiri untuk menggunakannya

Lensa mata adalah bagian yang dilihat seseorang dan tergantung pada jenis teleskopnya, beberapa mungkin memiliki lensa tunggal tambahan yang terletak di dalamnya.

Finder adalah salah satu bagian terpenting dari teleskop karena memungkinkan pengguna untuk melacak objek di luar angkasa. Tanpa alat pencarian, hampir tidak mungkin untuk menemukan objek jarak jauh. Tanpa penemunya, hampir tidak mungkin menemukan objek yang jauh. Itu terhubung ke sisi teleskop utama. Itu terhubung ke sisi teleskop utama.

Lensa Barlow adalah lensa tambahan yang dapat diposisikan antara fokus dan eyepiece. Ini secara efektif meningkatkan panjang fokus teleskop, sehingga meningkatkan perbesaran teleskop (biasanya 2x tetapi bisa mencapai 5x). Ini secara efektif meningkatkan panjang fokus teleskop, sehingga meningkatkan pembesaran teleskop (biasanya 2x tetapi bisa mencapai 5x).

Gunung adalah bagian dari teleskop yang menahan teleskop pada tempatnya. Ada dua azimuth alternatif dan gunung ekuator. Ada dua jenis azimuth alternatif dan kombinasi ekuator. Ada jenis dudukan lain tetapi biasanya digunakan untuk teleskop yang lebih besar dan lebih canggih yang tidak tersedia di toko ritel. Ada jenis dudukan lain, tetapi biasanya digunakan untuk teleskop yang lebih besar dan lebih kompleks yang tidak tersedia di toko ritel.

Sumber: