pengertian-talamus
Umum

Pengertian Talamus, Fungsi, Struktur, Bagian & Letaknya

Apa itu talamus?

pengertian-talamus

Talamus (thalamus) secara linguistik berasal dari bahasa Yunani, yang berarti interior. Talamus ini adalah salah satu struktur di bagian tengah otak. Lebih tepatnya, itu terletak di antara korteks serebral dan otak tengah. Talamus ini merupakan struktur terbesar di diencephalon atau bagian otak yang terletak di antara otah tengah (mesencephalon) dan otak depan (telecephalon).

Fungsi dari kelenjar thalamic adalah untuk mengirimkan sinyal sensorik dan motorik yang berhubungan dengan kesadaran, tidur, dan kewaspadaan ke korteks serebral. Atau sederhananya, fungsi talamus ini untuk menyampaikan saluran berita sensorik, yaitu dari tubuh ke otak, dan juga mengatur tingkat kesadaran. Talamus ini adalah sub-organ dari diencephalon.

Definisi lain dari talamus ini adalah bagian dari sistem limfatik, sekaligus sebagai daerah penghubung korteks serebral yang bertanggung jawab untuk mengontrol pergerakan dan persepsi sensorik dengan bagian otak lain yang berhubungan atau berhubungan dalam fungsi yang sama.

Fungsi talamus (talamus)

Fungsi utama kelenjar thalamic adalah menyampaikan informasi terkait kesadaran, siklus tidur, dan kewaspadaan. Selain itu, talamus juga memiliki fungsi sebagai pemancar dan penyampai informasi melalui reseptor sensorik seperti penglihatan, pendengaran, peraba dan pengecap, selain dari penciuman.

Talamus ini biasa disebut sebagai stasiun pemancar. Ini karena hampir semua informasi sensorik (kecuali bau) yang diteruskan ke korteks berhenti di talamus terlebih dahulu sebelum dikirim ke tujuannya.

Talamus ini terbagi menjadi beberapa inti yang memiliki ciri fungsional dalam menangani jenis informasi tertentu. Informasi sensorik ini mencapai talamus dan ditransfer ke nukleus sesuai dengan perannya dalam tipe data sensorik.

Informasi tersebut kemudian dikirim dari inti ke area yang sesuai di korteks, untuk diproses lebih lanjut.

Struktur dan bagian talamus (thalamus)

Posisi talamus berada di bagian atas batang otak dekat pusat otak. Talamus ini terdiri dari massa berbentuk bohlam yang terbagi menjadi 2 (dua) panjang sekitar 5,7 µm dan simetris antara kiri dan kanan.

Talamus ini menerima nutrisi dan oksigen dari 4 cabang pembuluh darah otak posterior. Kelenjar thalamic ini mengandung lamellae, yang merupakan serabut saraf bermielin.

Talamus ini adalah bagian dari sistem inti kompleks yang ada bersama dengan prethalamus (talamus ventral), hipotalamus, epitalamus dan juga talamus punggung. Beberapa inti yang ditemukan di talamus adalah sebagai berikut:

  • Inti talamus anterior. Masuk ke sistem limfatik yang mentransmisikan rangsangan ke korteks cingulate.
  • Inti ventral anterior. Ini sesuai dengan korpus striatum.
  • Inti ventral lateral. memiliki fungsi menerima saraf dari globus pallidus dan otak kecil, dan juga mengeluarkan serat yang menuju ke korteks serebral.
  • Posterolateralis Ventral Nucleus. Ini adalah stasiun di mana sinapsis saluran spinotalamikus dan lemniskus medial berada, setelah itu mereka pergi ke korteks serebral.
  • Pusat Medianum. Ini sesuai dengan Corpus Startum.
    Inti medial. Ini sesuai dengan hipotalamus dan lobus frontal
  • Inti pulviner. Ini sesuai dengan lobus oksipital dan lobus parietal.
  • Corpus geniculatum mediale. Ini adalah stasiun penghubung untuk stimulasi pendengaran.
  • Struktur retikulasi. Ini adalah lapisan dasar dari anatomi kesadaran.

Talamus ini terhubung langsung ke hipokampus (bagian dari otak besar di lobus temporal) melalui jalur mammillio-thalamus. dan juga berhubungan dengan korteks serebral melalui saluran talokortikal.

Lokasi talamus (talamus)

Letak atau tempat talamus pada manusia berada di atas batang otak. Otak manusia rata-rata memiliki berat sekitar tiga pon. Bagian atas juga dibagi dua. Bagian bawah otak terhubung ke sumsum tulang belakang melalui batang otak. Talamus terletak di atas batang otak, yang terdiri dari konstelasi dua bagian yang juga dikenal sebagai lobus.

Bagaimana talamus bekerja

Talamus ini mungkin atau mungkin bekerja dengan beberapa tahapan proses yang berasal dari sinyal yang diterima dari talamus. Setelah itu, talamus mengirimkannya ke dua (dua) lokasi, yaitu amigdala dan korteks prefrontal. Amigdala, serta korteks prefrontal, adalah tempat utama yang berfungsi untuk jiwa dan intelek manusia. Sinyal dari talamus diterima oleh amigdala terlebih dahulu, karena jalur melalui amigdala lebih cepat dengan melintasi jalur bagian neuron dalam sistem saraf pada manusia. Jalan yang dilalui amigdala terhubung langsung ke talamus.

Mendengarkan

Setelah itu, sinyal yang dikirim ke korteks prefrontal menciptakan neokorteks yang jauh. Lokasi, yang jauh dari pusat sinyal yang diterima, memainkan peran yang tidak biasa. Di neokorteks, nama dari respons yang tidak spontan mungkin atau mungkin dikenali. Misalnya, saat kita memainkan not, amigdala bermain secara spontan terlebih dahulu, diikuti oleh neokorteks.

penglihatan

Cara kerja talamus, saat Anda melihatnya, ia mengirimkan sinyal ke talamus berdasarkan gambar yang Anda lihat. Kemudian talamus mengirimkan pesan sensorik ke area visual.

bau

Ketika kita menggunakan indera penciuman melalui kerja hidung, sistem kerja indera penglihatan hampir sama dengan ketika thalamus menerima pesan sensorik pada saat melihat, hanya saja sinyalnya dideteksi oleh indera penciuman. adalah hidungnya. Perbedaan lainnya adalah ketika otak bekerja dengan indera penciuman, kita bisa menyebutnya bola olfaktorius. Posisi olfaktorius ini berada di dekat area emosi. Jadi ketika kita mencium sesuatu, pasti ada beberapa memori tersembunyi yang akan kita ingat.
Penyakit yang berhubungan dengan talamus

Insomnia keluarga yang fatal

Penyakit neurodegeneratif yang sangat langka ini terjadi pada seseorang yang mengalami gejala insomnia. Tentunya kondisi orang yang mengalaminya tidak akan bisa tidur siang atau tidur di siang hari, dan tidur larut malam tidak akan bisa tidur atau tidur dalam waktu yang singkat. Ini karena talamus sebenarnya bisa menjadi pengatur tidur. Sayangnya, ketika terjadi insomnia familial yang fatal, neuron dan astrogliosis di talamus menghilang karena atrofi selektif. Jika hal ini terus berlangsung dalam waktu yang lama akan mengakibatkan kematian dalam jangka pendek.

Stroke thalamic

Stroke thalamic ini bisa terjadi pada seseorang karena otak mengalami pendarahan, sehingga komponen darahnya bisa terganggu. Stroke thalamic ini umum terjadi pada dewasa muda. Terkadang penyakit seringkali tidak dapat ditentukan mengapa itu terjadi. Ada beberapa cara mengatasi stroke thalamic dengan terapi oksigen dan infus ini sebagai alat untuk memperlancar masuknya cairan dan zat. Obstruksi akibat perdarahan di thalamus perlu dilakukan untuk mengurangi risiko stroke.

getaran

Tremor ini terjadi karena otak tidak bisa atau tidak bisa mengontrol fungsinya, sehingga sering mengalami gerakan tak sadar, terutama di tangan.

skizofrenia

Skizofrenia mungkin atau mungkin disebabkan oleh kerusakan pada talamus. Ini karena talamus memiliki banyak koneksi prefrontal ke korteks. Anomali di talamus mungkin atau mungkin terkait dengan gejala yang dialami pada seseorang dengan skizofrenia.

Faktor yang mempengaruhi kerja talamus

Tentunya, jika talamus dalam keadaan sehat atau memiliki beberapa penyakit yang berhubungan dengan talamus, ada beberapa faktor yang dapat atau dapat mempengaruhi fungsi talamus. Beberapa faktornya adalah sebagai berikut:

Stimulasi sel otak

Merangsang sel-sel otak mungkin atau mungkin membantu fungsi bagian-bagian otak, termasuk talamus. Aktivitas atau aktivitas yang dapat atau dapat merangsang sel otak dengan terlibat dalam aktivitas atau aktivitas seperti mendengarkan, menulis, musik, menghitung, berbicara, dan menghafal.

nutrisi

Nutrisi yang diserap otak sangatlah penting dan tidak hanya untuk kesehatan otak saja, akan tetapi dapat atau dapat meningkatkan fungsi dan kerja otak secara maksimal.

Pengobatan untuk sistem saraf

Ada beberapa obat yang dapat atau dapat mempengaruhi sistem saraf pada manusia. Untuk itu penggunaan obat sebaiknya tidak sering dikonsumsi bila tidak diperlukan. Penggunaan narkoba yang berlebihan tidak hanya dapat mengganggu sistem saraf, tetapi juga merusak organ tubuh manusia seperti ginjal dan hati.

Lingkungan

Kondisi lingkungan juga dapat mempengaruhi sistem kerja saraf, misalnya kehidupan sosial di sekolah, di tempat kerja atau di tempat lain.

Secara psikologis

Psikologi seseorang tidak boleh diremehkan. Ternyata masalah kesehatan mental ini bisa atau bisa membantu seseorang menghadapi sesuatu. Ketika seseorang membuat keputusan tentang tindakan apa yang mereka ambil, fungsi otak dirangsang.

Olahraga

Tentunya olahraga juga dapat meningkatkan kekuatan tulang manusia, selain itu juga dapat membuat otak manusia bekerja. Saat kita berolahraga, otak berperan penting dalam mengatur keseimbangan tubuh. Bila aktivitas tersebut dilakukan secara rutin, otak dapat berfungsi dengan baik dalam menjaga keseimbangan tubuh.

Demikian penjelasan pengertian talamus, fungsi, struktur, fungsi, letak, bagian dan faktor, semoga yang telah dijelaskan di atas dapat bermanfaat bagi anda.

Sumber :