pengertian-erp
General, Umum

Pengertian ERP : Manfaat, Karakteristik, Cara Kerja

Pahami ERP

pengertian-erp

Pengertian ERP (Enterprise Resource Planning) adalah konsep perencanaan dan pengelolaan sumber daya perusahaan, termasuk dana, mesin, personel, waktu, material dan kapasitas.

Enterprise Resource Planning (ERP) ini terdiri dari tiga (3) elemen penting, antara lain sebagai berikut:

  • Perusahaan (perusahaan / organisasi)
  • Resources (sumber daya)
  • Planning (perencanaan)

Istilah ERP (Enterprise Resource Planning) mencerminkan konsep yang berpuncak pada aktivitas perencanaan. Dengan kata lain, ERP lebih mementingkan aspek perencanaan.

Mengenai pengertian ERP, dapat kita lihat bahwa ERP ini mempunyai fungsi sebagai alat untuk integrasi proses produksi / layanan suatu perusahaan serta untuk integrasi data di dalam perusahaan.

Pahami ERP menurut para ahli

Untuk memudahkan kita dalam memahami pengertian ERP, maka dapat diambil pendapat dari beberapa pakar. Di bawah ini adalah pemahaman tentang Enterprise Resource Planning (ERP) yang disarankan oleh para ahli, di antaranya sebagai berikut:

1. Menurut Daniel E. O’Leary

Pentingnya ERP adalah sistem terkomputerisasi yang memproses berbagai transaksi perusahaan dan memungkinkan perencanaan terintegrasi, produksi, dan respons konsumen secara real time.

2. Setelah Hau dan Kuzic

Istilah ERP merupakan solusi aplikasi pengemasan bisnis multi modul yang memungkinkan perusahaan mengintegrasikan proses bisnis dan kinerja perusahaan, mendistribusikan data umum, mengelola sumber daya, dan mengakses informasi secara real time.

3. Menurut O’Brien

Definisi ERP ini adalah perangkat lunak lintas fungsi terintegrasi yang mengerjakan ulang manufaktur perusahaan, keuangan, sumber daya manusia, penjualan, dan proses bisnis lainnya untuk meningkatkan efisiensi, kelincahan, dan profitabilitas.

4. Menurut Ellen Monk

Istilah ERP merupakan suatu sistem yang membantu mengelola proses bisnis seperti produksi, pemasaran, pembelian dan akuntansi dalam satu kesatuan yang terintegrasi.

Keuntungan ERP (Perencanaan Sumber Daya Perusahaan)

Penggunaan ERP dalam suatu perusahaan memudahkan seluruh proses koordinasi bisnis. ERP dapat digunakan untuk mengintegrasikan dan mengotomatiskan berbagai proses bisnis, berbagi database dan praktik bisnis di seluruh perusahaan, dan membuat informasi real-time.

Secara umum, berikut beberapa keuntungan menggunakan Enterprise Resource Planning (ERP) dalam bisnis:

  • Sistem ERP ini menyederhanakan kontrol dan pemantauan proses bisnis. Selain itu, ERP ini memberi para pembuat keputusan wawasan yang mendalam dan membantu mereka membuat prediksi dan membuat keputusan yang lebih baik.
  • Fungsi otomasi ERP memastikan bahwa aliran informasi dapat tersalurkan dengan baik. Ini membuat proses bisnis lebih mudah dan lebih responsif.
  • Sistem ERP ini dapat menggabungkan banyak unit dalam ekosistem perusahaan.
  • Dengan cara ini, ekosistem perusahaan dapat terintegrasi dengan baik.
    Dengan sistem ERP, perusahaan yang sedang berkembang dapat beradaptasi dengan semua kebutuhan masa depan dan menjadi lebih fleksibel.

Manfaat penerapan ERP

Seperti yang telah disebutkan di atas, penerapan ERP di suatu perusahaan memiliki banyak keuntungan. Di bawah ini adalah beberapa keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan dengan menerapkan ERP, diantaranya sebagai berikut:

1. Integrasi bisnis dan akurasi data

ERP ini memiliki sistem yang terdiri dari beberapa modul dan sub modul yang dapat mewakili semua komponen bisnis. Saat data dimasukkan ke dalam modul (mis. Data material yang masuk), modul lain seperti “Pembayaran dan” Inventaris “diperbarui secara otomatis dan waktu nyata.

Entri data hanya perlu dilakukan satu kali pada saat transaksi. Ini dapat mempercepat proses kerja dan mengurangi kemungkinan kesalahan entri data.

2. Perencanaan dan pengelolaan sistem informasi

Ada beberapa alat pendukung dalam sebuah sistem ERP yang dapat Anda gunakan untuk mengambil keputusan terbaik, seperti: B. Alat simulasi dan perencanaan. Dengan alat ini, manajemen dapat menggunakan setiap sumber daya dengan lebih tepat.

Sistem ERP ini juga dapat membantu pembuatan dan penyajian laporan standar yang dibutuhkan oleh manajemen dan dapat dipanggil kapan saja jika diperlukan.

3. Peningkatan efisiensi dan produktivitas

Sistem ERP ini juga dapat membuat aktivitas rutin menjadi lebih efektif dan efisien. Misalnya proses pemesanan, pengiriman, kinerja pemasok, manajemen kualitas, manajemen kas dan realisasi penjualan. Seluruh proses bisa lebih cepat dan lebih mudah.

4. Menetapkan prosedur standar

Sistem ERP ini didasarkan pada standar internasional yang kini telah diadopsi oleh perusahaan yang menerapkannya. Dengan sistem ERP, proses kerja menjadi lebih terstruktur dan tidak bergantung pada karyawan tertentu.

Contoh untuk ERP (contoh untuk modul ERP)

Proses bisnis ini dapat didukung dengan bantuan sistem ERP. Di bawah ini adalah beberapa modul utama dalam proses bisnis yang dapat dikelola oleh sistem ERP:

1. Pemrosesan pesanan pelanggan

Semua organisasi komersial ini mendapatkan keuntungan dari penjualan dan sumber daya mereka. Sistem ERP memiliki modul penjualan yang dapat mengimplementasikan fungsi perencanaan pesanan, pengiriman, penempatan pesanan, dan pembuatan faktur.

2. Pembelian

Sistem ERP ini memiliki modul pembelian yang dapat mempercepat pembelian bahan baku dan peralatan lain yang dibutuhkan. Sistem mengotomatiskan proses negosiasi harga, pembelian, identifikasi pemasok potensial dan proses penagihan.

3. Perencanaan produksi

Modul produksi ini membantu merencanakan dan mengoptimalkan kapasitas produksi, suku cadang, komponen, dan sumber daya material. Ini dimungkinkan karena data produksi historis dan perkiraan penjualan tersedia dalam modul.

4. Akuntansi keuangan

Modul akuntansi keuangan dalam sistem ERP ini merupakan inti dari semua sistem yang terdapat dalam perangkat lunak ERP. Modul ini mengumpulkan semua data keuangan dari berbagai departemen fungsional. Laporan keuangan kemudian disiapkan.

5. Sumber Daya Manusia

Modul Sumber Daya Manusia dalam sistem ERP ini dapat membantu mengelola sumber daya manusia dan sumber daya manusia. Modul SDM ini secara berkala meninjau kelengkapan database karyawan, termasuk informasi kontak, evaluasi kinerja, detail gaji, kehadiran dan promosi.

Sekian, dan terima kasih telah membaca tentang pengertian ERP, Fitur, Manfaat, Manfaat, dan Contoh. Semoga apa yang dijelaskan semoga bermanfaat untuk anda.

Sumber :