Microsoft word
Android Apps

Langkah Membuat Daftar Isi Automatis di Microsoft Word, Gampang!

Rate this post

Jika sedang membuat laporan seperti skripsi atau bahkan juga buku, kamu tentu merasakan sisi daftar isi. Sisi ini berbentuk helai halaman yang didalamnya rangka dasar buku dan nomor halaman. Walau tidak selamanya disaksikan, daftar isi bermanfaat untuk mempermudah pembaca atau penulis pahami isi keseluruhnya kreasi.

Kadang beberapa membuat daftar isi di Microsoft Word dengan manual, walau sebenarnya halamannya lumayan banyak. Ini sudah pasti memerlukan waktu yang lama. Untuk mempersingkatnya, baca langkah membuat daftar isi automatis di Microsoft Word ini.

Memakai Microsoft Word untuk alat membuat laporan, skripsi, sampai buku memang tepat. Masalahnya piranti lunak ini diperuntukkan untuk menulis dan diperlengkapi sejumlah fitur yang memberikan dukungan, mulai layouting sampai penataan halaman. Terhitung bila kamu harus membuat daftar isi, Microsoft Word sediakan template yang siap dipakai.

Selainnya memakai template, kamu dapat membuat sendiri daftar isi sama sesuai keperluan. Tak perlu masukkan halaman dengan manual, cukup satu click dan kamu akan merasakan daftar isi ter-update secara automatis. Berikut beberapa langkahnya:

1. Menambah heading

Hal pertama langkah membuat daftar isi yang dibutuhkan yaitu document punyamu harus punyai ialah halaman atau penomoran. Lebih detilnya, kamu dapat check artikel langkah menambah halaman di Word, ya!

Bila penomoran halaman telah betul, seterusnya kamu perlu menambah feature heading pada masing-masing judul dan sub-judul. Dengan begitu, Microsoft Word akan mengetahui ada info sama sesuai penomoran buat disisipkan di bagian daftar isi.

Untuk langkah membuat heading sama gampangnya, yaitu:

  • Membuka document Microsoft Word. Persiapkan lebih dulu dokumennya. Jika belum juga berwujud Word, kamu dapat mengalihkannya lebih dulu. Janganlah lupa untuk membereskan paragrafnya, ya!
  • Buat judul dan sub judul pada dokumen. Misalkan, kamu membuat sisi ‘Bab I Pendahuluan’, tuliskan selengkapnya info yang ingin kamu hadirkan di daftar isi kelak. Lalui jika sudah ada judul dan sub-judul.
  • Sorot judul dan sub judul yang dibikin. Tentukan beberapa bagian yang ingin dipertambah heading dengan membloknya. Click kiri 3x supaya bisa lebih cepat.
  • Tentukan heading sama sesuai posisi judul dan sub judul. Heading di Microsoft Word terbagi dalam tingkatan-tingkatan. Kamu dapat sesuaikan pilihan heading dengan judul dan sub judul dalam naskahmu. Contoh, pada heading 1 pada bagian ‘Bab I Pendahuluan’, lalu heading 2 pada bagian ‘A. Latar Belakang’.
  • Aktifkan heading pada tiap judul, sub judul, sub sub judul, dan sebagainya. Yakinkan semua sudah mendapatkan penataan heading yang terkait dengan pembikinan daftar isi. Karena, bila tidak kamu ‘heading, karena itu sub judul tidak teridentifikasi dan tidak automatis masuk ke dalam daftar isi . Maka, janganlah sampai terlewatkan, ya!

Sesudah aktifkan heading, kamu kemungkinan merasakan font, ukuran huruf, sampai penataan baris paragraf berbeda. Kamu dapat membereskannya dengan manual dengan memblok semua dokumen dan atur ulangi ketetapan text.

Kamu bisa juga atur persyaratan heading. Langkahnya: click kanan dalam menu heading, misalkan heading 1 > ganti > samakan pola penulisan. Sesudah diletakkan, penampilan text yang diberi pilihan heading akan mempunyai pola sama sesuai penataan yang telah kamu bikin.

Apabila sudah menambah penataan heading kesemua judul dan sub judul yang berada di dokumen, sekarang waktunya mulai membuat daftar isi automatis. Pada tingkatan ini, tool yang dipakai ialah ‘Daftar Isi’ yang berada di tab ‘Referensi’

2. Langkah membuat daftar isi secara automatis

Turuti langkah simpelnya berikut agar tidak kebingungan:

  • Tempatkan cursor di helai yang hendak dikasih daftar isi. Kamu dapat menyelipkan helai kosong baru sama sesuai daftar isi ingin ditempatkan. Triknya dengan masuk ke tab Insert > Blank Page
  • Membuka tab ‘Reference’ atau ‘Referensi’. Pilihan ini ada pada bagian menu bar atas, sejajar dengan pilihan Teras, Selipkan, dan lain-lain
    Click pilihan ‘Table of Content’ atau ‘Daftar Isi’. Pada bagian paling kiri tab Rekomendasi, kamu akan mendapati pilihan ini secara mudah. Bila kamu click, akan ada dropdown yang berisi beberapa pilihan style dan pola penulisan daftar isi
  • Tentukan style dan pola daftar isi sama sesuai keperluan. Template daftar isi yang disiapkan oleh Microsoft Word cukup bermacam. Jika sudah sama sesuai, kamu langsung bisa click opsi style template daftar isi yang ada.
  • Click ‘Customs Table of Content’ atau ‘Kustom Daftar Isi’ bila ingin membuat model daftar isi yang lain. Jika rupanya template-nya kurang cocok, kamu bisa juga langsung lompat ke pilihan paling bawah untuk membikin sendiri daftar isi versimu. Demikian kamu click, akan ada jendela pop-up yang berisi penataan. Janganlah lupa click taruh, ya!
  • Sesudah pilih template daftar isi atau simpan penataan daftar isi custom, Microsoft Word akan automatis membuat daftar didalamnya. Check lebih dulu apa jenjang daftar didalamnya telah sama sesuai, kelengkapan judul dan sub judul, sampai rata kiri kanan atau jarak paragraf.

Seterusnya, kamu masih tetap dapat mengubah pola tulisan seperti font; ukuran; dan lain-lain dengan manual pada daftar isi yang dibikin secara automatis. Untuk lakukan peralihan, cukup sorot sisi yang ingin ditukar lalu samakan.

Jika ada judul atau sub judul yang belum masuk ke dalam daftar isi, coba periksa kembali, adakah yang belum dikasih heading. Ini umumnya jadi argumen pertama kenapa judul dan sub judul tidak masuk daftar isi automatis.

3. Langkah up-date daftar isi automatis di Word

Sesudah ikuti langkah membuat daftar isi automatis dan daftar isi ganti maka kadang ada nomor halaman yang berbeda. Lalu, apa hal itu akan diperbaharui secara automatis? Sayang tidak begitu. Oleh karenanya, kamu perlu lakukan langkah-langkah untuk meng-update daftar isi yang telah dibikin.

Tenang, ini bukanlah koreksi manual, ya! Kamu hanya memakai tool ubah daftar isi yang telah disiapkan oleh Microsoft Word. Beberapa langkahnya seperti berikut:

  • Tempatkan cursor pada halaman daftar isi yang ingin diperbaharui. Supaya lebih oke, bisa menyoroti atau memblok semua daftar isi
    Membuka tab ‘Reference’ atau ‘Referensi’. Sama dengan saat membuat daftar isi, pilihan ini ada pada bagian menu bar atas, sejajar dengan pilihan Teras, Selipkan, dan lain-lain
  • Tentukan ‘Update Table’ atau ‘Pebarui Tabel’. Pilihan ini sebagai rekonsilasi halaman atau pemberian nama kembali judul dan sub judul dalam perincian isi secara automatis
  • Samakan yang ingin diperbaharui. Akan ada jendela pop-up berisi opsi penataan. Kamu dapat menukar nomor halamannya saja atau meng-update semua sisi daftar isi, terhitung pemberian nama judul dan sub judul
    Click ‘OK’ dan daftar isimu sudah diperbaharui, yeay!
  • Bila kamu pemakai Microsoft Word versus Windows, kamu akan merasakan pilihan ‘Update Table’ di sudut atas kiri daftar isi yang kamu bikin. Pemakaiannya sama dengan saat kamu buka dari tab Reference.

Bagimana, mudah bukan langkah membuat daftar isi secara automatis di Microsoft Word? Langkah ini dapat kamu aplikasikan di dokumen laporan, skripsi, atau bukumu seterusnya, lho!

Sumber :