Download Wireshark Terbaru 2.6.0

Download AAAAAAAPublisher: Wireshark Foundation
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 51MB

Wireshark adalah perangkat lunak dalam kategori jaringan, fungsi utamanya adalah menganalisa paket yang dikirim dan/atau diterima melalui jaringan komputer, Wireshark sering digunakan oleh analis jaringan atau teknisi jaringan untuk memecahkan masalah yang dialami oleh jaringan komputer. Beberapa developer juga dapat mengembangkan perangkat lunak dan protokol komunikasi dengan ‘mencomot’ fitur yang ada pada Wireshark (hal tersebut sangat mungkin dilakukan oleh developer dengan kapasitas tertentu mengingat Wireshart bersifat open source). Wireshark mendukung cross-platform sehingga dapat digunakan pada perangkat komputer dengan sistem operasi Windows, Linux, MacOS, BSD, Solaris, dan beberapa sistem operasi UNIX-Like lainnya

1. Wireshark mampu melakukan inspeksi paket secara mendalam pada protokol jaringan

Download Wireshark Terbaru
Tampilan Wireshark

Deep Packet Inspection (juga dikenal sebagai Data Extraction) adalah sebuah metode yang digunakan untuk mem-filter paket pada jaringan komputer dengan menginpeksi bagian header dari paket untuk mengantisipasi adanya kemungkinan kesalahan pada paket tersebut (atau proses transfernya), kesalahan pada protokol, maupun bentuk penyerangan dari virus, worm, trojan, malware, atau hacker/cracker. Wireshark mendukung inspeksi pada berbagai protokol jaringan, oleh karena itu Wireshark sering digunakan untuk tujuan keamanan jaringan, pengawasan jaringan, regulasi konten, injeksi iklan, hingga manajemen jaringan.

2. Kompatibel dengan format file lain yang berbeda (untuk read/write)

Wireshark dapat membaca (read) serta menulis (write) pada berbagai format file “captured packet” seperti tcpdump (libpcap), Pcap NG, Catapult DCT2000, Cisco Secure IDS iplog, Microsoft Network Monitor, Network General Sniffer (terkompresi dan tidak terkompresi), Sniffer Pro, dan NetXray, Network Instruments Observer, NetScreen Snoop, Novell LANalyzer, RADCOM WAN/LAN Analyzer, Shomiti/Finisar Surveyor, Tektronix K12xx, Visual Networks Visual UpTime, WildPackets EtherPeek/TokenPeek/AiroPeek, dan masih banyak lagi. Dengan begitu pengguna yang sebelumnya menyimpan hasil “capture” paket dalam sebuah file menggunakan perangkat lunak lain yang sejenis dapat kembali mengakses file tersebut menggunakan Wireshark.

3. Membaca paket dari data secara live dari berbagai perangkat jaringan

Wireshark dapat membaca sirkulasi paket pada jaringan secara live (realtime) pada berbagai perangkat jaringan Ethernet, IEEE 802.11 (Wireless LAN), PPP (Point to Point Protocol), HDLC (High-Level Data Link Control), ATM, Bluetooth, USB, Token Ring, Frame Relay, FDDI (Fiber Distributed Data Interface), dan lain sebagainya tergantung pada platform yang digunakan, Wireshark cocok diimplementasikan pada jaringan LAN (kabel, nirkabel, atau kombinasi) hingga jaringan WAN (Wide Area Network).

4. Mendukung berbagai protokol dekripsi untuk keamanan jaringan

Wireshark mendukung berbagai protokol dekripsi (membalik proses enkripsi sebagai bagian dari kriptografi) diantaranya Internet Protocol Security (Ipsec), Internet Security Association and Key Management Protocol (ISAKMP), Kerberos, Simple Network Management Protocol versi 3 (SNMPv3), Transport Layer Security (TLS), Secure Sockets Layer (SSL), Wired Equivalent Privacy (WEP), Wi-Fi Protected Access (WPA) dan Wi-Fi Protected Access II (WPA2).

Download Wireshark Terbaru

Dengan meng-install Wireshark, Anda akan mendapatkan lebih dari sekedar “packet analyzer”, namun juga beragam fitur menarik yang dapat Anda gunakan dengan leluasa tanpa terikat lisensi komersi atau batas waktu uji coba, Anda dapat membuat laporan hasil analisa kedalam file berformat XML, PostScript, CSV, atau teks biasa. Anda juga dapat menggunakan Wireshark untuk menganalisa Voice over Internet Protocol (VoIP) dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

32 Bit

64 Bit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here