Download Windows XP (ISO) Terbaru Service Pack 3

Download Windows XP TerbaruPublisher: Microsoft
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 600MB

Windows XP adalah salah satu sistem operasi yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT, Windows XP mulai dipasarkan pada bulan Oktober 2001 dan dukungannya secara resmi dihentikan pada bulan April 2014. Meskipun dukungannya secara resmi telah dihentikan, beberapa media melansir sistem operasi Windows XP tetap populer digunakan dibeberapa negara termasuk Indonesia bahkan hingga saat ini, dimana sistem operasi “penerus” Windows XP (Windows Vista, Windows 7, Windows 8/8.1, dan Windows 10) tengah populer digunakan. Beragam alasan mendasari masih digunakannya sistem operasi “lawas” tersebut terutama alasan system requirement yang rendah (memori 128 MB, processor 300 MHz, disk space 1.5 GB) sehingga dapat beroperasi dengan sangat ringan dan cepat ketika dipasang pada komputer dengan spesifikasi saat ini.

1. Menggunakan antarmuka yang mudah dikostumasi

Download Windows XP Terbaru
Tampilan Windows XP

Windows XP menggunakan antarmuka yang mudah dikostumasi, banyak situs web menyediakan perangkat lunak “patcher” serta file berekstensi .theme dan .msstyle. file berekstensi .theme berisi pengaturan yang digunakan untuk mengkostumasi Windows desktop berupa warna, style, dan referensi ke gambar dan file suara yang digunakan oleh theme, sedangkan file berekstensi .msstyle berisi pengaturan yang digunakan untuk mengkostumasi Windows interface berupa gambar (background), warna, icons dan elemen lain.

2. Memiliki System Administration Tools yang lengkap

Windows XP dilengkapi dengan banyak fitur system administration tools seperti Windows Installer, Windows Script Host, Disk Defragmenter (untuk defragmentasi partisi disk drive), Windows Task Manager, Group Policy (mengelola hak akses pengguna), CHKDSK (untuk memeriksa status disk drive), NTBackup, Microsoft Management Console, Shadow Copy, Registry Editor (untuk mengelola registry pada sistem operasi Windows XP), Sysprep (system preparation, berfungsi untuk kompatibilitas sistem yang dikloning dari komputer lain) dan WMI.

3. Dilengkapi perangkat lunak built-in untuk keperluan jaringan

Windows XP dibundel dengan perangkat lunak Internet Explorer 6 (web browser), Outlook Express 6, Windows Messenger, dan MSN Explorer (MSN adalah nama search engine yang dikembangkan oleh Microsoft). Selain itu Windows XP telah dilengkapi dengan Internet Connection Firewall, integrasi Internet Connection Sharing dengan UPnP, fitur Quality of Service, IPv6, Background Intelligent Transfer Service, jaringan peer to peer, mendukung hampir semua modem DSL.

Windows XP juga mendukung koneksi IEEE 802.11 (Wi-Fi) dengan konfigurasi otomatis dan roaming, networking melalui FireWire, serta dilengkapi dengan Remote Assistance dan Remote Desktop yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan Windows XP dari jaringan lokal atau jaringan Internet dan mengakses aplikasi, file, printer, dan perangkat lain yang terhubung pada komputer tersebut.

Download Windows XP Terbaru

Fitur Windows XP juga digunakan untuk keperluan multimedia diantaranya Windows Picture and Fax Viewer yang berfungsi sebagai viewer (peninjau) flile gambar dan file fax, Windows Media Player yang berfungsi sebagai pemutar beragam format file video dan audio, Windows Movie Maker yang berfungsi sebagai video editor termasuk membuat video dari kumpulan file gambat/foto dan file audio (musik atau rekaman suara), dan masih banyak lagi.

Download Windows XP (ISO) Terbaru Service Pack 3
4.7 (93.68%) 19 votes