Download WEKA Terbaru 3.8.2

Download WEKA TerbaruPublisher: Universitas Waikato
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 50MB

JawaraFile.com – Weka adalah suatu perangkat lunak atau aplikasi yang digunakan untuk data mining berbasis bahasa pemrograman Java. Sebelum beranjak ke detail lebih lanjut mengenai aplikasi, mari kita perjelas lagi apa itu data mining. Data mining atau penggalian data adalah suatu kegiatan ekstraksi atau penggalian knowledge dari data yang berukuran besar menjadi sebuah informasi baru yang lebih berharga dan dapat digunakan untuk pengembangan lebih lanjut. Kegiatan data mining ini terdiri dari beberapa proses yang memang dibutuhkan untuk mendapat informasi baru yang akurat dan detail. Weka adalah salah satu aplikasi atau software yang dapat digunakan untuk membantu proses proses dalam data mining tersebut.

Kegunaan WEKA

Download WEKA Terbaru

Tampilan WEKA

Software Weka (Waikato Environtment for Knowledge Analysis) dibuat dan dikembangkan oleh Universitas Waikato, suatu universitas yang terletak di sebuah negara di selatan Australia, New Zealand atau Selandia Baru. Software ini pun sempat menerima penghargaan pada tahun 2005 di ajang SIGKDD Data Mining and Knowledge Discovery Service Award. Namun akhirnya pada tahun 2006 sebuah korporasi bernama Pentaho Corporation memperoleh lisensi eksklusif untuk menggunakan WEKA di bidang business intelligence.

Aplikasi ini membantu Pentaho dalam hal data mining dan prediksi analisa komponen untuk intelligence businessnya. Aplikasi ini adalah suatu perangkat lunak yang dikategorikan sebagai open source dan berlisensi di bawah GNU General Public License. Dengan lisensi ini berarti aplikasi ini dapat anda download secara gratis dan anda pun dapat membagikannya ke siapapun dan bahkan dimodifikasi untuk keperluan pembelajaran ataupun riset. Aplikasi WEKA ini berisi kumpulan tools visualisasi dan berbagai algoritma yang dapat digunakan untuk analisa data dan prediksi model dengan user interface atau tampilan antar muka pengguna yang mudah dipahami.

Pada tampilan utama, terdapat beberapa tombol, diantaranya ada tombol explorer yang dapat digunakan untuk menggali data lebih jauh dengan Weka, kemudian ada tombol experimenter yang dapat anda gunakan untuk melakukan percobaan data dengan menggunakan pengujian statistik, tombol Knowledge Flow yang dapat anda gunakan untuk mengakses pengetahuan pendukung, dan terakhir Simple CLI adalah suatu user interface atau antar muka yang berupa command line yang digunakan untuk mengeksekusi perintah weka secara langsung.

Download WEKA Terbaru

Beberapa manfaat dari aplikasi WEKA ini antara lain adalah tentu saja lisensinya yang gratis dan dilindungi oleh lisensi GNU General Public License. Aplikasi ini juga bersifat portabel, karena aplikasi ini dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java sehingga dapat dijalankan di hampir seluruh platform komputer modern saat ini. Selain itu aplikasi ini juga memiliki koleksi data prosessing dan teknik modeling yang luas dan juga UInya yang sederhana sehingga dapat mempermudah akses penggunaannya. Download WEKA terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Comments (No)

Leave a Reply