Download Telegram for PC Terbaru 1.2.6

Download Telegram for PC TerbaruPublisher: Telegram Team
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 21MB

Telegram adalah salah satu layanan instant messenger berbasis cloud. Aplikasi klien Telegram tersedia untuk Android, iOS, Windows Phone, keluarga Windows NT, MacOS dan Linux. Pengguna dapat mengirim pesan dan bertukar foto, video, stiker, audio dan file dari jenis apa pun. Telegram menyatakan bahwa mereka memiliki 100 juta pengguna aktif pada awal tahun 2016. Kelebihan Telegram dibandingkan dengan instant messenger lain adalah layanannya yang berbasis cloud, pesan yang dikirim dan diterima disimpan dalam cloud storage sehingga tidak membebani perangkat serta memudahkan proses backup dan restore, cloud-base juga memungkinkan pengguna untuk mengakses Telegram pada ‘multiple-platform’ (misalnya mengakses satu akun di smartphone Android, PC berbasis Windows dan Linux bersamaan).

1. Akun Telegram ‘terikat’ dengan nomor ponsel

Download Telegram for PC Terbaru

Tampilan Telegram for PC

Akun Telegram ‘terikat’ pada nomor telepon seluler yang diverifikasi melalui SMS atau panggilan telepon, nomor telepon yang terkait dapat diubah kapan saja dan saat melakukannya, daftar kontak pada akun pengguna tersebut akan menerima nomor baru secara otomatis. Selain itu, pengguna dapat membuat alias yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima pesan tanpa memperlihatkan nomor telepon mereka. Akun Telegram dapat dihapus setiap saat dan dihapus secara otomatis setelah enam bulan tidak aktif (dapat diubah menjadi 1 bulan dan 12 bulan).

2. Pesan terenkripsi dan sticker berbasis cloud

Secara default pesan yang dikirim/diterima menggunakan Telegram disimpan di cloud dan dapat diakses pada perangkat yang terhubung. Pengguna dapat berbagi foto, video, pesan audio dan file lainnya (berukuran sampai 1,5 gigabyte). Pengguna juga dapat mengirim pesan ke pengguna lain secara individu atau ke grup hingga 20.000 anggota. Pesan yang terkirim dapat diedit dan dihapus dalam waktu 48 jam setelah dikirim. Hal ini memberi pengguna kesempatan untuk memperbaiki kesalahan ketik dan menarik pesan yang dikirim karena kesalahan. Pengiriman pesan ke server Telegram Messenger dienkripsi dengan protokol MTProto.

Telegram juga dilengkapi dengan sticker (yang juga berbasis awan), sticker adalah emoji yang memiliki kualitas gambar tinggi sehingga lebih ekspresif, stiker pada telegram masuk dalam koleksi yang disebut “set”. Telegram hadir dengan satu set stiker standar, namun pengguna dapat memasang stiker tambahan yang disediakan oleh kontributor pihak ketiga. Gambar stiker menggunakan format file WebP, yang optimal untuk ditransmisikan melalui internet dan semua sticker disimpan di cloud sehingga tidak membebani perangkat Pengguna.

Download Telegram for PC Terbaru

Telegram juga menyediakan enkripsi client-to-client dalam ‘Secret Chats’ (obrolan rahasia). Pesan ini dienkripsi dengan protokol MTProto tapi tidak seperti pesan berbasis cloud pada Telegram (yang disimpan dan dienkripsi di cloud-storage), pesan yang dikirim dalam ‘Secret Chats’ hanya dapat diakses pada perangkat dimana ‘Secret Chats’ tersebut dimulai dan perangkat tujuan pesan sehingga tidak dapat diakses di perangkat lain.

‘Secret Chats’ harus dimulai dan diterima dengan undangan, yang mana kunci enkripsi untuk sesi tersebut dipertukarkan, hal tersebut dimaksudkan untuk memverifikasi bahwa tidak ada serangan man-in-the-middle dalam ‘Secret Chats’.

Comments (No)

Leave a Reply