Download SQLite Terbaru 3.24.0

0
104

Download SQLite TerbaruPublisher: Richard Hipp
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 500KB

JawaraFile.com – SQLite adalah suatu aplikasi atau software yang pada saat bersamaan merupakan suatu sistem manajemen relasi database. Pada saat kita menggunakan komputer, pada saat itu juga kita menggunakan berbagai macam aplikasi, baik itu aplikasi berbasis offline maupun berbasis online yang membutuhkan koneksi internet. Dalam pembuatannya, para developer atau programmer pasti membutuhkan database atau basis data untuk membangun sistem yang mumpuni. Para programmer juga membutuhkan suatu aplikaksi untuk mengakses dan menghubungkan ikatan antar database. Melihat kebutuhan tersebut, pada akhirnya para developer banyak membuat aplikasi atau sistem manajemen database atau yang biasa disebut dengan RDBMS. Salah satu aplikasi RDBMS yang mulai menanjak popularitasnya adalah SQLite.

Kegunaan SQLite

Download SQLite Terbaru
Tampilan SQLite

SQLite pertama kali didesain oleh D. Richard Hipp pada musim semi tahun 2000 pada saat ia bekerja secara kontrak di Angkatan Laut Amerika Serikat. Hip mendesin sebuah software yang digunakan untuk memandu sebuah misil penghancur yang pada awalnya menggunakan HP-UX dengan database back-end dari IBM Informix. Desain SQLite ini bertujuan untuk memungkinkan suatu program untuk dioperasikan tanpa menginstal sistem manajemen database pun tanpa membutuhkan seorang database administrator.

Saat mendengar kata database, yang pertama kali terlintas di benak sebagian besar dari anda mungkin adalah MySQL atau SQL Server. Tidak bisa dipungkiri kedua aplikasi RDBMS tersebut masih sangat merajai pasar di kategori manajemen database. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kini masyarakat mulai terbiasa dengan sistem online dan penyimpanan berbasis awan atau yang lazimnya disebut cloud. Dalam hal manajemen database, baru baru ini mulai populer juga sistem baru yang disebut dengan embedded database.

Jika kita menjalankan database konvensional, kta harus menginstal aplikasi tersebut di suatu mesin untuk kemudian menjadi server. Untuk mengakses database, kita pertama harus mengakses server database terlebih dahulu sebelum akhirnya mengakses databasenya sendiri. Hal ini tentu akan menyita kapasitas memori, terutama pada saat menginstal server databasenya. Hal ini yang kemudian sedikit dirubah oleh SQLite.

Software manajemen database ini menerapkan embedded database dengan mengurangi beberapa prosedur yang sudah biasa dilakukan pada database konvensional sehingga tentu akan memperkecil resource dan pastinya kapasitas memori yang dibutuhkan akan jauh lebih kecil.

Download SQLite Terbaru

Beberapa fitur utama yang menjadi highlight software ini diantaranya adalah terdapat “no-dependency”. Hal ini disebabkan SQLite yang didesain agar lebih mandiri dan memiliki library yang cukup lengkap sehingga hanya sedikit library dari luar yang dibutuhkan. Kemudian karena menerapkan sistem embedded database maka software ini tidak membutuhkan server dan karenanya tidak membutuhkan konfigurasi server.

Aplikasi atau software ini pun mendukung penggunaan syntax SQL konvensional hingga 90%. Sehingga anda tidak perlu belajar ulang untuk dapat menggunakan software ini. SQLite juga merupakan aplikasi multi platform, sehingga dapat diaplikasikan untuk bermacam jenis bahasa pemrograman. Download SQLite terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

5/5 (2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here