Download SQL Server Management Studio (SSMS)

Download SQL Server Management StudioPublisher: Microsoft Corp.
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 600MB

JawaraFile.com – SQL Server Management Studio adalah suatu aplikasi klien yang merupakan komponen SQL Server digunakan untuk mengakses database yang berbasis SQL Server. Pada saat anda membuat dan mengembangkan aplikasi, tentu terdapat database sebagai salah satu komponen utama yang perlu dan wajib dibuat. Dalam perjalanan aplikasi, anda tentu membutuhkan suatu wadah untuk dapat memproses dan merawat database. Seringkali programmer harus mencari banyak aplikasi yang mendukung kegiatan tersebut. Namun jika anda menggunakan SQL server sebagai basis data, anda tentu mengenal SQL Server Management Studio yang telah terdapat dalam paket pada saat pemasangannya. Ya, aplikasi inilah yang dapat anda gunakan untuk mengelola database anda.

SQL Server Management Studio

Download SQL Server Management Studio

Tampilan SQL Server Management Studio

SQL Server Management Studio ini pertama kali diluncurkan bersamaan dan dibundling dalam paket Microsoft SQL Server 2005 yang digunakan untuk mengkonfigurasi, mengelola dan mengadministrasikan semua komponen yang ada dalam Microsoft SQL Server. Termasuk di dalamnya adalah script editor dan tools grafik yang bekerja sebagai objek dan fitur fitur dari server. Script editor itulah yang dapat anda gunakan untuk berinteraksi dengan SQL Server secara langsung. Jika anda pernah bekerja dengan Microsoft Access, maka anda sedikit banyak akan familiar dengan fungsi dan fitur manajerial database pada SQL Server Management Studio. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk mengakses berbagai service yang ada pada SQL Server. Salah satu diantaranya adalah manajemen database. Anda dapat membuat database beserta tabelnya, query, pembuatan relationship dan lain sebagainya.

Beberapa fitur yang ada di sini yakni, Object Explorer yang dapat digunakan untuk melihat dan mengelola seluruh objek yang ada di SQL instance. Kemudian ada juga Template Explorer yang digunakan untuk membuat atau membangun dan mengelola file file dari text yang dapat digunakan kembali untuk mempercepat query dan pengembangan script. Lalu ada Solution Explorer yang membuat project yang digunakan untuk mengelola item item administrasi seperti query dan script.

Download SQL Server Management Studio

SQL Server Management Studio ini dapat anda pasang dan gunakan pada komputer atau PC anda yang memiliki sistem operasi Microsoft Windows 7 (SP1), Microsoft Windows 8, Microsoft Windows 8.1, Microsoft Windows 10, Microsoft Windows Server 2008 R2, dan Microsoft Windows Server 2012 atau yang lebih baru.

Microsoft juga menyematkan fitur baru pada SQL Server Management Studio sehingga memungkinkan aplikasi ini untuk dapat dijalankan secara remote untuk Linux SQL Server instances. Di mana setelah menghubungkan, user harus menjalankan sebuah query Transact SQL untuk memverifikasikan komunikasi dengan database. Aplikasi ini patut dijadikan alternatif mengingat SQL Server adalah salah satu RDMS yang paling banyak digunakan oleh para developer software. Download SQL Server Management Studio terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Comments (No)

Leave a Reply