Download SopCast Terbaru 4.2.0

0
250

Download SopCast TerbaruPublisher: SopCast Team
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 5.7MB

SopCast adalah perangkat lunak “Streaming Direct Broadcasting System” berbasis P2P yang berfungsi untuk menyiarkan video dan audio atau menonton video dan mendengarkan radio di Internet. SopCast mengadopsi teknologi P2P (peer-to-peer) sehingga sangat efisien digunakan karena tidak memerlukan server dan bandwidth yang besar. SoP sebenarnya merupakan singkatan dari “Streaming over P2P”. Seperti halnya Anda menonton video secara streaming dari Youtube, Vimeo dan situs web penyedia video streaming lain, bedanya SopCast menggunakan jaringan peer-to-peer, istilah peer-to-peer dalam komputer atau jaringan adalah suatu arsitektur aplikasi terdistribusi yang membagi tugas atau beban kerja antar peer (peer dalam hal ini adalah komputer), sehingga penyedia media (audio atau video) tidak menanggung beban sebagai “server” layaknya server Youtube atau sejenisnya.

1. Streaming TV di Internet

Download SopCast Terbaru
Tampilan SopCast Terbaru

SopCast dapat digunakan untuk menyaksikan acara live dari “Internet TV”, Anda dapat mengakses beragam live channel (TV atau Radio) dari berbagai negara dengan berbagai kualitas mulai dari LQ (Low Quality, kualitas rendah) hingga HQ (High Quality, kualitas tinggi) dengan berbagai format media seperti asf, wmv, rm, rmvb, mp3, dan lain sebagainya. Daftar channel akan di-refresh oleh sistem secara otomatis atau secara manual dengan mengklik tombol refresh. Pada daftar channel Anda (misalnya channel live footbal) dapat menandai channel favorit Anda dan sistem akan menampilkannya pada urutan teratas.

2. Mengontrol video player dan merekam acara live dengan mudah

SopCast dilengkapi dengan pemutar video (video player) dengan mudah termasuk memperbesar (zoom-in) atau memperkecil (zoom-out), menambahkan channel ke daftar favorit, serta merekam acara live untuk Anda bagikan atau Anda tonton nanti. Pengembang SopCast mengklaim bahwa streaming menggunakan SopCast hanya membutuhkan waktu sekitar 10 sampai dengan 30 detik untuk buffering, hal ini tak lepas dari pengaruh adopsi teknologi peer-to-peer yang diterapkan dalam transfer data juga dipengaruhi oleh kecepatan Internet dari pengguna.

3. Miliki channel sendiri dan siarkan (broadcast) melalui Internet

Anda dapat menyiarkan acara dari channel Anda sendiri langsung dari SopCast, dengan menjadikan komputer Anda sebagai “server” (istilah server sebenarnya kurang tepat digunakan pada jaringan P2P) Anda dapat membuat sekitar 5 hingga 10 channel pada satu komputer dan dapat Anda jalankan secara bersamaan, tentunya dengan spesifikasi komputer yang mendukung. Anda juga dapat memonitor kualitas acara siaran Anda (kualitas asli dengan kualitas network) secara realtime untuk membantu viewer (penonton) memilih saluran yang sesuai dengan keinginan.

4. Adopsi teknologi P2P dengan “sejuta” kelebihannya

Seperti telah disinggung pada bagian atas, SopCast mengadopsi teknologi P2P sehingga data (video atau audio) yang diakses lebih stabil sekalipun diakses oleh banyak viewer, pengembang SopCast juga mengklaim penggunaan teknologi P2P meminimalisir delay saat streaming media serta penerapan teknologi NAT Transversal dan Firewall yang dapat melewati 90% P2P Barriers, secara teori Network Address Translator (NAT) Traversal dapat menstabilkan dan memelihara kestabilan koneksi Internet melewati gateway, dengan begitu kecepatan transfer (pengiriman dan menerimaan) data dapat dimaksimalkan.

Download SopCast Terbaru

Anda lebih senang menggunakan video player tertentu? SopCast mendukung streaming dengan menggunakan player favorit Anda seperti Windows Media Player, RealPlayer, VLC, dan masih banyak lagi. SopCast juga tidak membebani memori dan prosesor karena “jejak” yang ditinggalkan sangat sedikit, proses buffering yang dilakukan di memori juga menjadikan SopCast tidak membebani kinerja disk drive. Masalah keamanan Anda tidak perlu khawatir, SopCast mendukung otentikasi pengguna (broadcasters dan viewers) dan End-to-End security, pesan terenkripsi, keamanan P2P tingkat tinggi, dan bebas dari adware.

No ratings yet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here