Download PuTTY Terbaru 0.70

Download PuTTY TerbaruPublisher: Simon Tatham
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 3MB

Putty adalah suatu software emulator yang gratis dan berbasis open source yang digunakan untuk transfer atau pemindahan file antar komputer dalam jaringan. Jika anda berada di kantor dan menggunakan komputer untuk keperluan kantor, sangat besar kemungkinan bahwa komputer anda dan komputer rekan atau teman di samping anda dalam sebuah jaringan lokal atau yang biasa disebut dengan LAN (Local Area Network). Dalam jaringan lokal di dalam kantor tersebut, anda dapat melakukan banyak hal. Beberapa contohnya seperti berbagi file, berbagi atau sharing printer, bahkan berbagi koneksi internet. Sementara anda melakukan segala kegiatan perkantoran, mungkin ada beberapa rekan anda yang bertugas untuk mengelola jaringan lokal tersebut agar jaringan tersebut dapat berjalan dan bekerja dengan baik. Mereka yang biasa disebut dengan administrator ini akan berusaha membuat jaringan anda tampil optimal. Dalam usahanya menyempurnakan jaringan, tentu mereka akan membutuhkan banyak simulasi, dan Putty adalah salah satu software yang mungkin paling banyak dipakai untuk melakukan simulasi dalam jaringan lokal.

Kegunaan Putty

Download PuTTY Terbaru

Tampilan PuTTY

Putty ini seringkali digunakan untuk melakukan sambungan jaringan, mencoba program hingga melakukan simulasi banyak hal yang ada kaitannya dengan jaringan. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa Putty merupakan suatu software open source yang memanfaatkan protokol dalam jaringan dalam menjalankan fitur dan fungsinya, seperti protokol SSH dan Telnet. Software ini menggunakan protokol protokol tersebut untuk mengakses dan mengaktifkan sesi remote pada komputer atau PC. Putty akan menggunakan protokol SSH (Secure Shell) yang membuat Putty dapat membantu kita melakukan pertukaran data antara dua perangkat dengan aman atau secure.

Pembuatan dan pengembangan software Putty ini sebenarnya telah lama dibuat, yakni sejak tahun 1998 dan telah dapat digunakan sebagai klien SSH-2 sejak bulan Oktober 2000. Putty ini ditulis atau dibuat dan dipelihara dan dijaga oleh seorang bernama Simon Tatham. Pada awalnya Putty hanya dibuat dengan sasaran pengguna yang berada pada platform Microsoft Windows. Namun beberapa pengguna telah mem-porting software ini, sehingga dapat dioperasikan ke dalam beberapa platform selain Microsoft Windows seperti Unix, Classic Mac OS, dan Mac OS, juga beberapa port unnoficial yang dapat digunakan untuk beberapa platform lainnya pula seperti Symbian, Windows Mobile hingga Windows Phone.

Download Putty Terbaru

Putty merupakan salah satu software yang mendapat penerimaan yang cukup baik dari para kritikus. Seperti misalnya Justin James dari Tech Republic yang menonjolkan reliabilitas dan dukungan cross platform dari software ini. Menurutnya sisi tersebut adalah beberapa hal yang paling menonjol dari software ini. Kemudian ada juga komentar dari J. Peter Bruzzers dari Info World yang memasukkan Putty ke dalam list atau daftar yang ia buat, yakni 15 Tools Open Source Esensial untuk Admin (Microsoft) Windows dan menuliskan dalam daftarnya bahwa aplikasi aplikasi yang meniru atau imitasinya tidaklah sebaik kinerja dari software ini.

Comments (No)

Leave a Reply