Download phpMyAdmin Terbaru 4.7.5

Download phpMyAdmin TerbaruPublisher: phpMyAdmin devel team
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 11MB

JawaraFile.com – Di zaman yang sudah maju saat ini pengelolaan database banyak melibatkan software khusus berbasis SQL atau biasa disebut Structured Query Language. SQL adalah istilah resmi yang digunakan seluruh dunia berupa kumpulan perintah khusus atau script untuk pengelolaan manajemen database. Untuk pengelolaan database ini maka diperlukan tools atau software khusus tempat menulis kumpulan SQL kemudian menjadi suatu tabel dan data – data seperti phpMyAdmin. Kebanyakan admin database pasti sudah banyak mengetahui dan menggunakan phpMyAdmin namun tidak mengenal lebih dalam. Di dalam artikel kali ini kami akan mendeskripsikan lebih jelas mengenai software yang bernama phpMyAdmin ini beserta fitur – fitur beserta cara kerjanya.

Kegunaan phpMyAdmin

Download phpMyAdmin Terbaru
Tampilan phpMyAdmin

Sesuai nama nya, phpMyAdmin adalah suatu software yang dibuat dengan bahasa PHP dan seringkali digunakan untuk menangani manajemen database MySQL ataupun MariaDB melalui web browser tapi secara offline (localhost). Software ini dikembangkan oleh suatu tim khusus pengembang software bernama The phpMyAdmin Projects dan secara resmi diluncurkan ke publik pada tahun 1998. Dengan menggunakan web browser sebagai perantara pengelolaan database, phpMyAdmin ini dianggap sangat menarik dan seringkali juga digunakan sebagai media pembelajaran bagi admin database pemula.

Software phpMyAdmin ini tergolong software open source dan ini masih tetap diberlakukan seperti itu sampai sekarang. Selain itu software ini pun termasuk sotware multilingual (memiliki banyak bahasa) dan sampai saat ini sudah disupport oleh 65 bahasa. Penggunaan phpMyAdmin untuk membuat tabel dan database sangatlah mudah. Proses penulisan perintah seperti Create, Read, Update dan Delete (CRUD) sebagai dasar manajemen database menggunakan bahasa SQL bahkan sudah dijadikan plugin tersendiri di tools yang satu ini.

Selain perintah – perintah diatas sebenarnya masih banyak lagi perintah dengan bahasa SQL yang bisa langsung di klik atau ditulis secara manual sesuai pedoman yang ada. Meskipun masih banyak tools atau software lain dengan fitur yang berbeda namun phpMyAdmin tetap memiliki posisi tersendiri dari dulu sampai sekarang. Wajar juga selain untuk belajar mengelola database banyak penyedia web hosting yang masih tetap mempercayakan phpMyAdmin sebagai aplikasi yang diinstall di server.

Download phpMyAdmin Terbaru

Software phpMyAdmin ini tidak memerlukan komputer dengan spesifikasi tinggi dan bahkan bisa diinstall di semua sistem operasi atau biasa disebut cross platform. Istilah cross platform adalah sebutan bagi perangkat lunak atau software yang bisa dijalankan di semua jenis OS seperti Microsoft Windows, Linux, Mac OS, BSD dan lain – lain. Namun ada beberapa syarat mutlak yang harus anda penuhi terlebih dahulu sebelum memulai menjalankan phpMyAdmin di server lokal atau localhost yaitu HP dengan versi minimal 5.2.0 dan MySQL versi minimal 5.0. Tidak lupa juga settinglah web browser anda agar memperbolehkan cookies.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here