Download PDFCreator Terbaru 3.0.2

Download PDFCreator TerbaruPublisher: pdfforge GmbH
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 28MB

PDFCreator adalah salah satu perangkat lunak dengan fungsi utama sebagai converter beragam jenis file menjadi dokumen berekstensi PDF (Portable Data Format), cara kerja perangkat lunak ini adalah dengan membuat Virtual Printer yang mencetak dokumen kedalam file PDF, PDFCreator dapat di-download dan di-install pada komputer dengan sistem operasi Windows secara gratis. PDFCreator tak hanya dapat mengkonversi satu dokumen menjadi satu file PDF tapi juga mengkonversi beberapa dokumen menjadi satu file PDF, pengguna dapat menyeleksi dokumen-dokumen yang akan digabungkan, menyusun ulang urutan dokumen (bila perlu) kemudian mencetaknya kedalam file PDF sehingga semua dokumen (foto, gambar, surat, dan lain sebagainya) menjadi satu file PDF.

1. Mengkonversi printable document menjadi file PDF

Membuat file PDF menggunakan PDFCreator sangat mudah, PDFCreator bekerja sebagai virtual printer dan dapat mengkonversi apapun yang dapat di-print (printable) termasuk gambar berekstensi JPG, PNG, TIFF dan lain sebagainya menjadi file PDF, PDFCreator akan tampil sebagai printer di Control Panel -> Devices and Printers, pengguna hanya tinggal mencetak dokumen ke printer PDFCreator dan proses konversi akan dimulai saat proses pencetakan.

Saat mencetak dokumen, PDFCreator akan menampilkan jendela yang mengijinkan pengguna untuk mengubah nama dokumen, menambahkan metadata (subyek, keywords, serta nama penulis) dan memilih profil yang ingin digunakannya. Pengguna juga dapat memodifikasi pengaturan yang digunakan untuk mengkonversi dokumen seperti ukuran dan kualitas output, menambahkan virtual stamp pada halaman atau meng-upload dokumen hasil konversi melalui FTP.

2. Membubuhkan tandatangan digital untuk otentikasi

Pengguna yang membutuhkan otentikasi dokumen untuk berbagai keperluan, dapat membubuhkan tandatangan digital (digital signature) pada dokumen PDF yang dihasilkan. Sebagaimana kita ketahui bahwa tanda tangan digital merupakan elemen standar dari kebanyakan protokol kriptografi dan biasanya diterapkan pada obyek (dalam hal ini file PDF) yang akan didistribusikan untuk memastikan keaslian obyek tersebut.

3. Mengarsipkan dokumen dengan PDF/A

Fitur ini nampaknya akan sangat berguna untuk perusahaan yang membutuhkan sistem pengarsipan dokumen, PDF/A adalah versi PDF berstandar internasional (oleh ISO) yang khusus digunakan dalam pengarsipan dokumen elektronik jangka panjang, dengan menggunakan standar PDF/A maka dokumen dapat diarsipkan dan diorganisir dalam jangka panjang (hingga puluhan tahun) dengan kapabilitas dalam kemudahan pencarian yang tinggi, file PDF yang diarsipkan akan tersimpan dan terorganisir dengan baik serta mudah diakses kembali layaknya record dalam database.

Download PDFCreator Terbaru

PDFCreator juga memungkinkan pengguna untuk mengamankan dokumen PDF hasil konversi dari akses atau modifikasi yang tidak sah. Pengguna dapat membatasi akses ke file PDF tersebut sehingga diperlukan password untuk membuka dokumen tersebut, atau membatasi printing sehingga dokumen tetap dapat dibuka tanpa password namun tidak dapat di-print, atau membatasi orang lain dalam memodifikasi dokumen PDF tersebut dengan enkripsi AES 256 bit.

Comments (No)

Leave a Reply