Download MySQL Workbench Terbaru 6.3.10

Download MySQL Workbench TerbaruPublisher: Oracle
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 25MB

Mungkin sebagian masyarakat (terutama kalangan programmer) merasa tidak asing dengan istilah MySQL atau SQL. SQL (Structured Query Language) adalah salah satu jenis bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengakses dan mengelola data dalam suatu basis data relasional. Penggunaan SQL ini telah diakui oleh seluruh dunia karena telah mengikuti standar ANSI dan digunakan dalam manajemen database relasional. Untuk tools atau software pembantu mungkin kebanyakan lebih memilih MySQL Administrator atau phpmyadmin sebagai pilihan utama. Namun dua software itu mempunyai kelemahan dalam hal efisiensinya karena proses penulisan query (perintah) nya masih secara manual. Bayangkan jika anda diharuskan mengelola banyak tabel dalam satu database oleh perusahaan tempat anda bekerja, pasti sangat merepotkan. Oleh karena itu dalam artikel kali ini penulis merekomendasikan MySQL Workbench sebagai tools atau software pembantu dalam melakukan pengelolaan basis data.

Fungsi Utama MySQL Workbench

Download MySQL Workbench Terbaru
Tampilan MySQL Workbench

MySQL Workbench adalah suatu software atau aplikasi yang digunakan untuk membuat dan mengelola basis data. Secara fungsi dan penggunaan software ini tidak terlalu banyak perbedaan jika dibandingkan dengan software atau tools lain seperti phpmyadmin ataupun HeidiSQL, namun banyak para admin database atau para pengembang basis data profesional yang lebih memilih menggunakannya. Hal ini dikarenakan metode yang dipakai MySQL Workbench dalam merancang, mendesain atau bahkan mengelola suatu database dinilai lebih efisien, hal inipun secara otomatis dapat memudahkan kinerja pengguna atau pihak pengelola database.

Dalam hal fungsional MySQL Workbench sama seperti tools lain pada umumnya, yakni membuat model dan design database, menulis Query SQL, dan pengelolaan database. Namun dalam segi penggunaan tentu setiap orang memiliki pilihan yang berbeda – beda sesuai kemampuan dan kebutuhannya. MySQL Workbench ini sangat cocok bagi para admin database yang menginginkan proses lebih simpel namun hasil tetap memuaskan.

MySQL Workbench ini dikembangkan oleh salah satu developer software terbaik didunia, yakni Oracle Corporation dan secara resmi dirilis pada tahun 2012. Dengan melihat Oracle selaku pengembangnya tentu saja membuktikan kinerja dari software yang satu ini. Keuntungan lainnya adalah anda dapat mendownload MySQL Workbench secara gratis baik di web resminya maupun di link – link lain yang banyak tersebar di internet, karena kebanyakan tools lain di downoload secara berbayar.

Download MySQL Workbench Terbaru

Dengan melihat kemudahan yang anda peroleh dalam software MySQL Workbench ini bukan berarti anda tidak perlu belajar bahasa pemrograman SQL. Kami menyarankan anda harus tetap belajar dan menerapkan bahasa SQL terlebih dahulu di phpmyadmin. Hal ini akan sangat penting karena basic dari administrator database adalah query SQL. Jika anda kurang memahami basic-nya tentu anda akan mengalami kesulitan dalam kegiatan pengelolaan database anda, meskipun menggunakan MySQL Workbench sekalipun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here