Download MySQL Terbaru 5.7.19

Download MySQL TerbaruPublisher: Oracle Corporation
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 85MB

MySQL adalah salah satu Relational Database Management System (RDBMS) yang sangat populer digunakan pada berbagai aplikasi sebagai built-in database seperti TYPO3, MODx, Joomla, WordPress, phpBB, MyBB, dan Drupal. MySQL juga diketahui digunakan pada banyak situs web berskala besar, termasuk Google (meskipun tidak untuk sistem pencarian), Facebook, Twitter, Flickr, dan YouTube. Tak hanya digunakan oleh sistem berskala besar yang kompleks, MySQL juga kerap kali digunakan untuk project pengembangan perangkat lunak (berbasis desktop, web, bahkan mobile) berskala kecil atau sederhana oleh para developer pemula bahkan kerap kali digunakan untuk kegiatan pembelajaran di sekolah karena MySQL didistribusikan secara gratis open-source sehingga penggunaan, pengembangan, serta pendistribusian ulang-nya tidak terikat lisensi komersil (untuk versi tertentu).

1. Mendukung cross platform serta multiple storage engine

Download MySQL Terbaru

Tampilan MySQL

Cross platform artinya MySQL tersedia untuk platform yang berbeda diantaranya Windows dan berbagai distribusi sistem operasi Linux yang mendukung Yum Repository, APT Repository, dan SUSE Repository. Sedangkan ‘storage engine’ adalah komponen yang dapat menangani operasi SQL untuk berbagai jenis tabel guna menyimpan dan mengelola informasi dalam database, MySQL menyediakan ‘native storage engines’ seperti InnoDB, MyISAM, Merge, Memory (heap), Federated, Archive, CSV, Blackhole, dan NDB Cluster yang memungkinkan pengguna untuk memilih salah satu storage engine yang dianggap paling efektif untuk masing-masing tabel.

2. Didukung berbagai tool GUI resmi dan 3rd party

Tool GUI (Graphical User Interface) digunakan untuk memudahkan administrasi basis data pada MySQL, penggunaan tool GUI dianggap lebih cepat dan lebih mudah dibandingkan dengan menjalankan query pada CLI (Command Line Interface), beberapa tool GUI yang dapat digunakan untuk mengelola basis data MySQL antara lain MySQL Workbench, Adminer, Database Workbench, DBEdit, HeidiSQL, LibreOffice Base, Navicat, OpenOffice.org, phpMyAdmin, SQLBuddy, SQLyog, Toad for MySQL, Webmin dan mungkin masih banyak lagi.

3. Mendukung replikasi master-master dan replikasi master-slave

Replikasi database adalah proses menyalin dan mendistribusikan data dari satu database ke database yang lain kemudian melakukan sinkronisasi data antar database tersebut untuk menjaga konsistensi data didalamnya. Tujuan utama dari replikasi database adalah pencadangan (backup) data secara keseluruhan dan realtime. MySQL dapat mereplikasi elemen database seperti tabel, view, trigger, bahkan database itu sendiri dari satu server yang bertindak sebagai master ke satu atau beberapa server lain yang bertindak sebagai slave.

Download MySQL Terbaru

MySQL merupakan RDBMS gratis dan opern-source dengan fitur lengkap, Trigger, View, Query cache, Information schema, Stored procedures, Performance schema (mengumpulkan dan menggabungkan statistik mengenai eksekusi server dan kinerja query untuk tujuan monitoring performa server), dukungan terhadap SSL, dan masih banyak lagi fitur MySQL yang berguna untuk berbagai tujuan dalam pengembangan perangkat lunak atau sistem informasi berbasis native desktop, berbasis web, bahkan mobile seperti pengembangan aplikasi untuk smartphone Android.

Comments (No)

Leave a Reply