Download LibreOffice Terbaru 6.0.1

Download LibreOffice Terbaru Publisher: The Document Foundation
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 240MB

LibreOffice adalah suatu paket bundling dari kumpulan software atau aplikasi perkantoran. Bagi anda yang memiliki profesi sebagai pegawai atau karyawan, aplikasi semacam Microsoft Word, Microsoft Excel adalah hal yang sudah sangat sering anda lihat sehari hari dan anda pun mungkin merasa sangat familiar dan bahkan mungkin telah terbiasa menggunakan software tersebut untuk berbagai kegiatan sehari hari di kantor. Karena memiliki fungsi yang berlipat, pengguna banyak yang memutuskan untuk menggunakannya. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh sejumlah developer untuk membuat aplikasi serupa dengan tujuan untuk memberikan user atau pengguna variasi pilihan. Sebagian besar dari aplikasi tersebut merupakan aplikasi berbayar, namun ada juga yang berbasis open source dan karenanya gratis dan bebas dari biaya berlangganan. Salah satu aplikasi tersebut adalah LibreOffice.

LibreOffice, Alternatif Micosoft Office Terbaik

Download LibreOffice Terbaru
Tampilan LibreOffice

LibreOffice merupakan paket bundling aplikasi perkantoran terusan dari pendahulunya, Star Office. Sehingga semua fitur yang ada di dalam Open Offce juga tentunya ditanamkan pada LibreOffice. Selain itu pengembangannya juga dilakukan secara open source sehingga semua pihak yang tertarik dapat melihat source atau kodenya dan dapat mengembangkannya secara bersama-sama. Kata “LibreOffice” sendiri merupakan gabungan dari dua kata, yakni “Libre” yang dalam bahasa Perancis dan Spanyol berarti bebas dan kata “Office” yang tentunya seperti kita semua tahu berasal dari Bahasa Inggris yang berarti Kantor.

Dalam bundling atau paketnya, LibreOffice menawarkan beberapa aplikasi perkantoran yang dapat digunakan dan kegunaannya mirip dengan aplikasi perkantoran yang telah lazim dan banyak dipakai saat ini, Microsoft Office. Beberapa aplikasi tersebut antara lain ada Writer. Writer ini merupakan aplikasi pengolah kata yang mirip dan dapat dibandingkan secara apple to apple dengan Microsoft Word. Seperti namanya, fungsi dari Writer ini untuk mengolah data yang berhubungan dengan kata-kata dan dokumen.

Selanjutnya adalah aplikasi yang bernama Calc. Aplikasi ini sesuai pula dengan namanya, merupakan aplikasi pengolah angka dan seperti yang mungkin telah anda tebak, fungsi dan kegunaannya mirip dan dapat dibandingkan secara langsung dengan kompetitornya, Microsoft Excel atau pendahulunya, Lotus 123.

Kemudian ada juga aplikasi Impress, yakni sebuah aplikasi pengolah presentasi dari LibreOffice yang fungsi dan kegunaannya mirip dan dapat dibandingkan secara langsung dengan Microsoft Power Point. Selanjutnya ada pula Draw. Draw ini merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai editor grafik vector dan perangkat diagram yang mirip dengan Microsoft Visio. Lalu ada aplikasi Base yang memiliki fungsi sejajar dengan Microsoft Access, yakni aplikasi yang digunakan untuk mengolah basis data.

Download LibreOffice Terbaru

Sedikit berbeda dengan Microsoft Office, LibreOffice memiliki sebuah aplikasi bernama Math. Aplikasi ini memiliki fungsi utama untuk mengolah formula matematika dan scientific. Formula formula yang telah diolah kemudian dapat diselipkan dalam file atau dokumen teks, spreadsheet, presentasi bahkan hingga ke dalam file gambar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here