Download Inkscape Terbaru 0.92.2

Download Inkscape TerbaruPublisher: Inkscape Team
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 80MB

Mungkin banyak diantara kita yang memiliki hobi dengan perangkat lunak atau software editor gambar. Istilah umumnya adalah desain grafis. Di zaman yang semakin modern ini kegiatan desain grafis tidak hanya dilakukan mereka yang menggeluti bidangnya, namun juga para pelajar atau orang awam yang belum pernah memiliki basic desainer. Banyaknya tutorial dan kemudahan dalam penggunaan menjadi faktor utama banyaknya orang yang awalnya mencoba – coba desain grafis namun akhirnya ketagihan. Akan tetapi mungkin mereka hanya mengenal dua software editor yakni Adobe Photoshop dan Corel Draw. Padahal masih banyak software – software lain dengan kemampuan editor dan design yang tidak kalah hebatnya dengan dua nama tadi. Sebut saja software Inkscape. Apa itu Inkscape? Dan seperti apa fungsinya? Di aktikel ini penulis akan membahas lebih dalam tentang Inkscape.

Lebih Lanjut tentang Inkscape

Merupakan hal yang wajar jika kebanyakan orang memang tidak terlalu mengenal software Inkscape ini jika dibandingkan dengan Corel Draw maupun Adobe Illustrator. Namun jika dalam kualitas belum tentu Inkscape kalah dengan dua software tadi. Inkscape merupakan salah satu software yang mampu mengolah atau mengedit gambar vektor. Vektor merupakan suatu istilah gambar yang menggunakan poligon dan merupakan kebalikan dari gambar bitmap. Selain itu software Inkscape ini juga tergolong open source alias software gratis. Hal itu tentu menjadi daya tarik utama dari para users khususnya dalam bidang editor dan desain grafis.

Inkscape pertama kali dimunculkan ke permukaan oleh beberapa orang yang tergabung dalam Inkscape Team pada tahun 2003 dan merupakan software pengembangan dari Sodipodi yang juga mereka kerjakan sebelumnya. Tujuan utama dari adanya Inkscape ini adalah menjadi perangkat pengolah khusus grafik vektor dengan memenuhi standar XML, SVG dan CSS. Ketiga hal itu lekat dengan pengolahan tampilan website yang memang saat ini menjadi hal yang paling dicari para developer web.

Namun yang menjadi pembeda antara Inkscape dengan software lain pada umumnya adalah penggunaan SVG atau yang biasa disebut Scalable Vektor Graphics. Penggunaan SVG ini memang tidak digunakan pada software pendahulunya yakni Sodipodi.
Hingga saat ini Inkscape sudah mengalami beberapa pengembangan yang dilakukan dengan harapan agar pengguna dapat menerima dan memanfaatkan software ini.

Download Inkscape Terbaru

Penggunaan gambar vektor yang menjadi ciri khas utama dari Inkscape ini sebenarnya memberikan kualitas gambar yang lebih bagus. Anda bisa lihat di web resmi Inkscape pada bagian galeri dimana terdapat hasil karya para editor atau komunitas Inkscape di seluruh dunia. Sesuai dengan yang saya tulis tadi bahwa software ini open source alias gratis, jadi anda tidak perlu khawatir terutama bagi para pemula yang ingin mencoba. Link download tersedia di web resmi maupun web – web lain yang tersebar di internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here