Download GNS3 Terbaru 2.1.4

0
1189

Download GNS3 TerbaruPublisher: GNS3 Technologies Inc.
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 55MB

JawaraFile.com – Dalam dunia komputer pasti erat hubungannya dengan teknologi jaringan. Salah satu hal yang banyak mengalami kemajuan cukup pesat adalah jaringan pada komputer. Salah satu contohnya yang sering kita temui sehari – hari adalah teknologi wireless (Wi-Fi). Namun bagi siswa atau mahasiswa yang menekuni dunia jaringan komputer, mereka tidak bisa langsung mempraktekkan pada komponen yang asli karena ketersediaannya dan harga yang cukup mahal.

Perlu adanya simulasi yang berasal dari software atau aplikasi terlebih dahulu agar dapat memahami konsep yang ada lalu selanjutnya diterapkan melalui software simulator tersebut. Salah satu software simulator jaringan komputer adalah yang akan kami jelaskan pada artikel kali ini. Software itu bernama GNS3.

Kegunaan GNS3

Download GNS3 Terbaru
Tampilan GNS3

Mungkin bagi kebanyakan orang yang menekuni dunia jaringan komputer lebih mengenal Cisco Packet Tracer sebagai software simulator untuk pembelajaran pemula. Namun ternyata ada juga software bernama GNS3 (Grafical Network Simulator 3). Sama seperti Cisco Packet Tracer, GNS3 adalah suatu software simulator grafis yang ternyata memungkinkan kita untuk menggunakan IOS (internetworking Operating System) Cisco. Hal ini memberi kebebasan bagi user untuk mengakses fitur pada router Cisco secara keseluruhan, dimana hal ini tidak bisa dilakukan di Cisco Packet Tracer karena masih banyak pembatasan.

Cisco sendiri merupakan suatu perusahaan terbesar yang bergerak di bidang komputer jaringan. Perusahaan ini mempunyai produk – produk dengan tujuan memberi perkembangan dalam bidang teknologi jaringan dengan komponen seperi router, switch, jaringan fiber dan masih banyak lagi. Hal ini juga yang bisa kita temui jika menggunakan GNS3 sebagai software simulator untuk pengaplikasian yang lebih kompleks dan mudah. Salah satu contohnya adalah ketersediaan topologi jaringan yang cukup lengkap.

Software ini disebut Grafical karena dalam hal tampilan berbasis pada GUI. Hal ini akan memberikan sebuah tampilan antar muka yang berkelas dan tentu saja tidak terlalu berat pada komputer anda. Keunggulan lain dari GNS3 adalah selain menggunakan platform berbasis Cisco IOS ternyata juga bisa menggunakan IPS, PIX dan ASA firewall, JUNOS namun dengan catatan pengguna harus menyediakan sendiri semua platform itu untuk diaplikasikan ke GNS3.

Download GNS3 Terbaru

Selain itu anda juga dapat menerapkan simulasi ethernet yang lebih sederhana dengan menggunakan ATM dan Frame Relay Switch. Dan lebih hebatnya lagi GNS3 ini mendukung simulasi koneksi jaringan ke dunia nyata, jadi anda dapat menguji secara langsung namun masih tetap dalam mode simulasi.

Dengan semua keunggulan itu bukan berarti tidak memunculkan kekurangan sama sekali. Justru dalam hal penggunaan GNS3 memang diakui lebih rumit, apalagi jika tingkat simulasi lebih tinggi seperti koneksi jaringan secara nyata yang kami sebutkan tadi. Selain itu anda juga memerlukan resource komputer yang lebih tinggi. Download GNS3 terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here