Download Firefox Developer Edition 64.0.2

Download Firefox Developer EditionPublisher: Mozilla Corp.
OS: Windows
Lisensi: Open Source
Ukuran: 40MB


JAWARAFILE.COM – Sudah lama berlalu masa-masa dimana banyak orang-orang terbiasa mendownload browser Firefox, Safari, dan Internet Explorer saja. Beberapa tahun sejak kepopuleran Chrome meningkat pesat, Mozilla bekerja keras untuk membuat dirinya menjadi browser yang akrab dengan para user internet lagi, seperti di masa lalu.

Namun, nyatanya Firefox saat ini lebih dikenal sebagai browser yang menyita sejumlah besar memori, sebuah browser yang menuntut spesikasi komputer di atas rata-rata untuk dapat bekerja dengan lancar. Predikat browser ringan, cepat, dan simpel sudah berpindah kepada Chrome. Chrome selain berfungsi sebagai web-browser, juga bisa berfungsi sebagai mode developer.

Namun kehadiran Mozilla Firefox Developer Edition tidak menjawab tantangan tersebut sedikit pun. Karena bukankah sudah cukup jelas, mari perhatikan dari namanya saja, Mozilla Firefox versi ini dibuat spesial untuk web developer dan web designer. Firefox membagi kebutuhan penggunanya menjadi dua genre, sebagai user dan sebagai developer. Untuk pengguna tipe user / consumer disediakan Firefox versi rilis, sedang untuk developer disediakan Firefox versi developer ini.

Kegunaan Firefox Developer Edition

Tampilan Firefox Developer Edition

Dalam persepsi web developer / designer terdapat satu fitur memukau pada Chrome, yaitu dev tools (tool-tool untuk web developer) yang dihadirkan bersama Inspector. User diberikan akses untuk menjelajahi dan menggali jauh ke dalam sistem suatu situs halaman web, mengotak-atik konsol Javascript disana, dan mengujinya secara real-time.

Bagaimana jika Firefox Developer Edition juga dapat melakukannya, bahkan lebih lagi. Sebagai web developer / designer, apakah Anda tertarik?

Ketika Anda pertama membuka Firefox Developer Edition sekilas tidak tampak ada yang spesial sama sekali. Tidak ada bedanya dengan Firefox versi rilis. Tidak banyak perbedaan pada tampilan antarmukanya. Namun jika Anda perhatikan lebih cermat, ada sebuah ikon di sebelah kiri atas yang tidak ada di Firefox versi rilis, ikon tersebut berlabel Web Developer tools yang juga dapat diakses dengan shortcut Ctrl+Shift+I.

Web Developer Tools ini berisikan tools-tools yang berfungsi untuk berbagai keperluan debug HTML, CSS, dan Javascript. Berikut ini kita uraikan sedikit beberapa diantara tools tersebut.

  1. Page Inspector, berguna untuk melihat dan mengedit konten dan layout halaman web;
  2. Web Console, berguna untuk melihat message log dari suatu halaman web dan berinteraksi dengan halaman tersebut menggunakan Javascript;
  3. Javascript Debugger, untuk mengidentifikasi Javascript yang bekerja di suatu halaman web;
  4. Network Monitor, melihat network request dari halaman web yang diakses;
  5. Performance Tools, menganalisa tingkat responsifitas, performa, dan respons Javascript dari halaman web yang Anda kelola;
  6. Responsive Design Mode, menganalisa bagaimana halaman web Anda akan tampil pada berbagai macam jendela perangkat.

Download Firefox Developer Edition

Firefox Developer Edition memudahkan pekerjaan Anda sebagai web-developer. Banyak tools WebIDE yang terdapat pada Chrome juga terdapat pada Firefox versi developer ini.

Anda bisa memanfaatkan Firefox versi developer ini sebagai alternatif dari Chrome sebagai WebIDE developer. Download Download Firefox Developer Edition terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

[Windows 32 Bit]

[Windows 64 Bit]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here