Download Eclipse Terbaru 4.7.1

Download Eclipse TerbaruPublisher: Eclipse Foundation
OS: Windows
Lisensi: Open Source
Ukuran: 220MB

Eclipse adalah salah satu IDE atau Integrated Development Environment yang digunakan oleh para programmer atau developer untuk membuat dan mengembangkan suatu program. Sebagian dari kita mungkin sudah sering melihat dan bahkan menggunakan aplikasi aplikasi berbasis Java atau Android yang ada di smartphone dan PC kita, Tapi pernahkah anda semua bertanya tanya pula, bagaimana dan di mana para developer dan programmer pembuatnya mengembangkan aplikasi aplikasi tersebut? Para developer dan programmer tersebut membuatnya di sebuah software berbasis IDE atau integrated development Environment. Tapi apa itu IDE? IDE atau Integrated Development Environment adalah suatu software yang ditujukan dan difungsikan khusus bagi para developer dan programmer yang ingin membuat dan membangun suatu program atau aplikasi. Dengan menggunakan IDE, para programmer ini akan dimudahkan dalam pengerjaannya. Hal itu dikarenakan semua kebutuhan developing dan pemrograman akan dipenuhi dan dapat diakses dalam satu tempat di IDE tersebut. Salah satu contoh software IDE adalah Eclipse.

Kegunaan Eclipse

Download Eclipse Terbaru

Tampilan Eclipse

Eclipse merupakan IDE Java yang paling sering digunakan oleh para developer dan programmer bahasa pemrograman Java. Hal ini tentu tak lepas dari fakta yang menyebutkan bahwa Eclipse merupakan software IDE yang open source dan karenanya gratis dan tak diperlukan biaya tambahan saat menggunakannya. Disebut open source karena tentu saja seperti artinya yang berarti semua orang dapat secara gamblang melihat source atau script coding dari software ini secara gratis dan terbuka.

Meski popular digunakan oleh para developer Java, bukan berarti Eclipse menutup diri dan mengekslusifkan diri pada satu bahasa pemrograman saja. Banyak juga developer atau programmer dengan basic bahasa pemrograman C, C++, PHP dan bahkan Android menggunakan software ini untuk pembuatan dan pengembangan aplikasinya masing-masing. Mereka dapat menggunakan IDE ini untuk bahasa pemrograman masing-masing dengan hanya menambahkan library yang dinamakan plug in. Dengan plug in tersebut, para programmer dapat melakukan coding tanpa hambatan yang berarti.

Software IDE Eclipse ini bernaung di bawah sebuah organisasi bernama Eclipse Foundation yang berisikan beberapa perusahaan developer terkemuka seperti Borland, IBM, Merant, QNX Software System, Rational Software, Red Hat, SuSE, Together Soft, WebGain dan banyak perusahaan lain yang jumlahnya mencapai 80 pada akhir 2003. Meski secara ofisial atau resmi Eclipse Foundation baru diresmikan pada bulan Januari 2004. Project Eclipse pertama yang dirilis bernama Eclipse 3.0 pada tanggal 21 Juni 2004. Pada tanggal 26 April 2012, Eclipse menerima Award dan pengakuan pertamanya melalui 2011 ACM Software Systems Award yang digagas oleh The Association for Computer Mahinery.

Download Eclipse Terbaru

Oleh karena sifatnya yang open source, Eclipse juga merupakan software yang bisa dikatakan multi platform yang berarti bahwa software ini dapat diakses di lebih dari satu platform, seperti misalnya Windows, Linux, Mac OSX, dan lain sebagainya. Tak heran jika kemudian Eclipse dinobatkan sebagai IDE yang paling populer digunakan.

Comments (No)

Leave a Reply