Download CPU-Z Terbaru 1.84

Download CPU-Z TerbaruPublisher: CPUID
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 2MB

CPU-Z adalah perangkat lunak untuk memonitor dan menampilkan spesifikasi perangkat keras pada komputer. CPU-Z mendeteksi CPU, RAM, chipset pada motherboard, dan fitur perangkat keras lainnya dari perangkat komputer. CPU-Z digunakan untuk mendeteksi CPU dan perangkat keras motherboard komputer secara utuh. Tanpa program seperti ini, pengguna komputer akan kesulitan mengenali perangkat keras yang tersedia. CPU-Z digunakan untuk mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras, dan membantu mengidentifikasi beberapa komponen terutama core dari CPU dan clock rate dari RAM. CPU-Z memiliki kemampuan untuk langsung mendeteksi fitur perangkat keras, seperti kemampuan untuk mengakses, membaca, dan menampilkan data SPD dari modul memori. Kemampuan untuk mendokumentasikan kecepatan clock menjadikannya alat untuk overclock motherboard, sebagai cara untuk membuktikan kecepatan CPU yang dicapai oleh berbagai percobaan.

Kegunaan CPU-Z

Fungsi yang pertama dari CPU-Z adalah menampilkan profil CPU (Cental Processing Unit) secara lengkap. CPU-Z dapat menampilkan profil prosesor secara lengkap diantaranya Name, Code Name, Max TDP, Package, Technology Core Voltage, Specification, Family, Ext. Family, Model, Ext. Model, Stepping, Revision, Instructions, bahkan sampai detail “clocks by core” seperti Core Speed, Multiplier, Bus Speed dan Cache (hingga Level 3), CPU-Z juga mendukung profilling pada komputer multi-processor dengan memilih socket processor-nya.

Fungsi yang kedua adalah menampilkan detail Caches hingga level 3 (L3). Cache adalah memori yang lebih kecil dan lebih cepat, cache digunakan oleh central processing unit (CPU) untuk mengurangi waktu dan energi rata-rata yang dibutuhkan dalam mengakses data dari memori utama. Kebanyakan CPU memiliki cache independen yang berbeda, biasanya diatur sebagai hierarki tingkat cache yang lebih banyak (L1, L2, dst.). CPU-Z dapat menampilkan informasi detail mengenai ukuran cache dari L1 D, L1 I, L2 hingga L3.

Fungsi yang ketiga adalah menampilkan informasi mengenai Motherboard dan Graphics. CPU-Z menampilkan informasi Manufacturer, Model, Chipset, Southbridge hingga informasi Brand, Version, dan Date dari BIOS yang terpasang pada Mainboard/Motherboard. CPU-Z juga menampilkan informasi mengenai detail grafis (Graphics) pada komputer diantaranya GPU (Graphics Processing Unit) dan Clocks (Core dan Memory yang dialokasikan).

CPU-Z juga akan menampilkan informasi rinci tentang modul memori yang terpasang di komputer pada fitur yang disebut Serial Presence Detect (SPD). Informasi mengenai SPD membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang konfigurasi komputer dan memastikan modul dan model memori sesuai dengan yang diharapkan.

Download CPU-Z Terbaru

Selain fitur-fitur utama diatas, CPU-Z juga dilengkapi dengan beragam fitur menarik lainnya yang akan sangat berguna untuk Anda seperti informasi Bench CPU, Stress CPU, menyimpan informasi yang dihasilkan kedalam file berformat .txt atau .html hingga memvalidasi pengaturan system Anda saat ini dengan men-submit detail yang dihasilkan ke database CPU-Z atau menyimpannya kedalam file berformat .cvf.

Comments (No)

Leave a Reply