Download Clementine Terbaru 1.3.1

Download AAAAAAAPublisher:  Clementine Team
OS: Windows
Lisensi: Open Source
Ukuran: 21MB


JAWARAFILE.COM – Clementine adalah sebuah aplikasi audio player. Aplikasi ini bersifat gratis dan open-source. Clementine dirilis dengan lisensi GNU General Public License. Clementine tersedia untuk platform Linux, Windows, dan MacOS.

Clementine dibuat sehubungan dengan transisi versi audio player Amarok versi 1.4 ke versi 2.0. Clementin dibangun berdasarkan pada source code Amarok tersebut yang ditulis ulang menggunakan Qt4 dan kerangka multimedia GStreamer. Karena hal tersebut Clementine menuai banyak kritikan dari para user. Versi rilis pertama Clementine yaitu pada Februari 2010.

Bisa dikatakan bahwa Clementine adalah versi rebuild / remake dari Amarok 1.4, namun developernya mengklaim bahwa Clementin tampil dengan antarmuka yang lebih modern dan dilengkapi dengan library organiser.

Selain tampil lebih modern, Clementine juga lebih fokus pada kecepatan dan kemudahan penggunaan interface GUI-nya (Graphic User Interface), sehingga user dapat dengan cepat menemukan dan memutar file musik yang diinginkannya tanpa repot-repot mempelajari dengan detail penggunaan dan konfigurasi aplikasi ini.

Kegunaan Clementine

Kegunaan utama Clementine adalah sebagai audio player. Dengan Clementine, user dapat memutar berbagai format file audio yang populer dirilis untuk publik seperti mp3, ogg, wav, flac, aac, dan lain sebagainya. Clementin sangat mudah dikonfigurasi, performa aplikasinya ringan, dan tools yang tampil di antarmukanya mudah dipahami.

Download Clementine Terbaru

Clementine dilengkapi dengan fitur-fitur menarik, user dapat membuat smart playlist dan dynamic playlist, download cover art album dari situs Last.fm, Jamendo, Spotify, dan Amazon, mencari dan mendownload Podcast, dan lain-lain. Fitur lain yang mungkin bisa bermanfaat sekali untuk pengguna Clementine yaitu playlist dapat diatur sebagai tab-tab, serta kemampuan untuk mengimpor dan ekspor playlist M3U, XSPF, PLS, dan ASX.

Tampilan jendela Clementine terdiri atas delapan tab vertikal berbeda di sebelah kiri, terdiri dari Search, Library, Files, Playlists, Internet, Devices, Song Info, and Artist Info. Pada tab Devices, disana ditampilkan semua perangkat yang terkoneksi dengan komputer, user dapat melihat file-file dan folder-folder di dalamnya secara langsung tanpa melibatkan file explorer. Pada dua tab terakhir terdapat hal yang menarik, disana terdapat Song Info dan Artist Info. Song Info selain menampilkan informasi mengenai lagu yang sedang diputar juga menampilkan lirik lagu.

Sebagai aplikasi player audio yang platform asalnya dari Linux, Clementine sangat optimal diinstal di sistem operasi tersebut. Hal semacam ini juga pernah terjadi pada player VLC pada saat awal-awal migrasinya ke platform Windows. Terdapat banyak bug pada versi Windows, ini merupakan hal biasa. Dengan mengesampingkan itu semua Clementine merupakan sebuah audio player yang ringan dan cukup bagus performanya sebagai aplikasi Windows.

Download Clementine Terbaru

Clementine adalah sebuah aplikasi pemutar audio cross-platform Linux, Windows, dan Mac OS. Clementine tampil dengan antarmuka yang lebih modern daripada inspiratornya yaitu Amarok 1.4. Clementine mendukung untuk berbagai ekstensi file audio dan playlist. Download Clementine terbaru melalui link dibawah ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here