Download Blender Terbaru 2.79

0
680

Download Blender TerbaruPublisher: Blender Foundation
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 80MB

Blender adalah perangkat lunak yang banyak digunakan oleh profesional untuk membuat film animasi, efek visual, seni, model cetak 3 dimensi, aplikasi 3 dimensi interaktif dan video game. Fitur Blender meliputi pemodelan obyek 3 dimensi, UV unwrapping, texturing, pengeditan grafis raster/bitmap, rigging dan skinning, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, simulasi tubuh, pemotretan, animasi, simulasi pemindahan benda, pelacakan kamera, rendering, grafis bergerak, pengeditan video dan pengomposisian. Blender juga dilengkapi dengan game engine terintegrasi untuk memudahkan pengguna dalam mengembangkan video game 3D. Blender tersedia untuk komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows, MacOS, Linux dan FreeBSD, tersedia dalam versi 32-bit dan 64-bit.

1. Dapat membuat material yang realistis (tampak nyata) dengan photorealistic rendering

Download Blender Terbaru
Tampilan BlenderBlende

Blender dilengkapi dengan rendering engine bernama Cycles yang menawarkan ultra-realistic rendering diantaranya ‘GPU & CPU rendering’, ‘Realtime viewport preview’, dan dukungan pencahayaan HDR. Hal tersebut didukung dengan kemampuan kostumisasi penuh terhadap obyek 3 dimensi diantaranya ‘full node’, shader yang akurat untuk obyek fisik seperti kaca (obyek tembus pandang) serta Open Shading Language (OSL) yang mendukung pengkodean shader.

2. Membuat model 3 dimensi dengan cepat

Blender dilengkapi dengan banyak tool yang komprehensif untuk membuat, mengubah dan mengedit model 3 dimensi Anda dengan mudah, tool pemodelan tersebut diantaranya dukungan keyboard shortcut, dukungan N-Gon (poligon dengan semua sudut sama dalam ukuran dan semua sisi memiliki panjang yang sama), dukungan kostumasi bagian tepi obyek (edge slide, collapse dan dissolve), ‘Grid dan Bridge fill’ serta dukungan terhadap script Python untuk add-on dan tool yang dikostumasi (disesuaikan dengan kebutuhan pengguna yang expert).

3. Rigging model 3 dimensi dengan cepat

Rigging adalah proses mengubah model menjadi karakter yang dapat diposekan (posable), Blender menawarkan beragam tool yang akan memudahkan pengguna untuk rigging model, tool tersebut diantaranya ‘envelope’, ‘skeleton’ dan ‘skinning’ otomatis, pengecatan (painting) dengan mudah, fungsi ‘mirror’, lapisan ‘bone’ yang terorganisir serta B-spline (basic spline) pada ‘bone’ yaitu fungsi untuk memanipulasi derajat, kehalusan, dan pembagian ‘bone’ pada model.

Blender juga dilengkapi dengan fitur ‘Sculpting’ untuk mendesain obyek (organik) yang komplek. Sculpting adalah proses ‘memahat’ obyek 3 dimensi untuk menghasilkan obyek yang detail, fitur ‘Sculpt’ atau ‘Sculpt Mode’ pada Blender meliputi 20 jenis brush (tool seperti ‘sikat’), dukungan terhadap ‘multi-resolution sculpting’ dan ‘dynamic topology sculpting’ serta ‘mirrored sculpting’ untuk membuat obyek yang simetris (identik).

Download Blender Terbaru

Anda membutuhkan simulasi bangunan yang runtuh, hujan, api, asap, cairan atau kain, Blender menyediakan tool untuk berbagai simulasi seperti cairan (simulasi air dan benda cair lain secara realistis), Asap (simulasi kepulan asap yang berinteraksi dengan scene), Rambut (simulasi rambut yang tertiup angin atau interaksi dengan scene lain), Kain (simulasi kain untuk pakaian atau perlengkapan lain), ‘Rigid Body Physics’ (membuat suatu obyek dapat dirusak, dihancurkan atau dibakar secara realistis) serta partikel (untuk simulasi percikan air hujan, percikan kembang api, atau percikan peluru).

No ratings yet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here