Download Arduino IDE Terbaru 1.8.5

Download Arduino IDE TerbaruPublisher: Arduino Team
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 90MB

JawaraFile.com – Arduino merujuk pada perangkat keras open-source berupa single-board dengan microcontroller serta microcontroller kits (perangkat tambahan yang dapat dipadukan pada Arduino board), Arduino board umumnya digunakan untuk membuat perangkat digital yang interaktif. Anda dapat mengirimkan perintah untuk membaca input, menyalakan sensor, menekan tombol, membunyikan pesan, menghasilkan suatu output, mengaktifkan motor, menghidupkan lampu, mengirim data secara online, dan masih banyak lagi tergantung kelengkapan perangkat keras atau kits yang dipadukan. Perintah-perintah tersebut dibuat dalam bentuk program yang dikirim ke microcontroller pada Arduino board. Program untuk Arduino sebenarnya dapat dibuat dengan bahasa pemrograman apapun dengan compiler yang menghasilkan kode mesin biner yang sesuai untuk microprocessor pada Arduino board, namun secara resmi Arduino mempublikasi Arduino IDE sebagai perangkat lunak resmi untuk menulis kode dan menguploadnya sebagai instruksi ke microcontroller pada Arduino Board.

Kegunaan Arduino IDE

Bahasa pemrograman Arduino berbasis Wiring, framework khusus microcontroller. Wiring merupakan suatu framework pemrograman khusus untuk microcontrollers, dengan menggunakan Wiring sebagai basis bahasa yang digunakan membuat bahasa pemrograman Arduino mendukung cross-platform (GNU/Linux, Mac OS X, dan Windows) serta mendukung berbagai arsitektur perangkat keras berbasis AVR “atmega” processor seperti AVR Xmega, AVR Tiny, TI MSP430, Microchip Seri PIC24/32 dan STM M3 ARM. Wiring juga mendukung integrasi sederhana dari perangkat “atmel”.

Perangkat lunak Arduino atau Arduino IDE merupakan perangkat lunak yang sangat mudah digunakan untuk pemula hingga yang mahir sekalipun, hal tersebut dikarenakan Arduino IDE dibuat berdasarkan Processing Programming Environment yang dikenal sangat fleksibel untuk berbagai kegiatan pemrograman. Perangkat lunak Arduino dipublikasi sebagai perangkat lunak open source, bahkan programmer dengan kapasitas tertentu dapat membuat ekstensi atau semacam fitur tambahan untuk diintegrasikan pada perangkat lunak Arduino, bahasa pemrograman Arduino sendiri dapat dikembangkan dari library C++ atau bahasa pemrograman AVR C.

Arduino IDE dibuat berdasarkan Processing Programming Environment sedangkan bahasa pemrograman Arduino menggunakan kaidah/aturan wiring programming framework, keduanya (Processing dan Wiring) merupakan perangkat lunak open source dan cross platform, hal tersebut menjadi keunggulan tersendiri bagi Arduino IDE karena membuatnya bersifat open source dan cross platform juga, Anda dapat menjalankan Arduino IDE pada komputer dengan sistem operasi Windows, Linux, hingga MacOS X. Sekedar informasi, sistem microcontroller lain kebanyakan bersifat terbatas hanya untuk platform Windows saja.

Download Arduino IDE terbaru

Anda pelajar, professional, atau hanya sekedar hobi dibidang microcontroller, Arduino adalah board yang tepat untuk berbagai keperluan Anda, disamping harga perangkat kerasnya yang relatif terjangkau dan mudah untuk dirakit sesuai kebutuhan (dibandingkan dengan beberapa produk sejenis). Download Arduino IDE terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Comments (No)

Leave a Reply