Download Apache OpenOffice Terbaru 4.1.4

Download Apache OpenOffice TerbaruPublisher: OpenOffice.org
OS: Windows
Lisensi: Open Source
Ukuran: 134MB

Apache OpenOffice merupakan sebuah perangkat lunak open source yang digunakan untuk keperluan kantor. Perangkat lunak ini menyediakan beberapa aplikasi yang digunakan untuk kegiatan produksi, seperti kegiatan perkantoran. Software ini dikembangkan oleh Apache Software Foundation dan dirilis pada tahun 2012. Apache OpenOffice dapat dijalankan di beberapa sistem operasi, seperti Windows, Mac OS dan Linux. Paket aplikasi ini menjadi salah satu kompetitor Microsoft Office buatan Microsoft. Berikut beberapa komponen aplikasi yang terdapat pada Apache OpenOffice:

1. Writer dan Calc

Download Apache OpenOffice Terbaru
Tampilan Apache OpenOffice

Writer adalah aplikasi yang digunakan untuk memproses sebuah kata. Aplikasi ini bekerja seperti Microsoft Word, sehingga memungkinkan anda untuk menghasilkan sebuah tulisan. Sedangkan satunya adalah Calc. Aplikasi yang satu ini dapat anda gunakan sebagai salah satu office untuk keperluan hitung menghitung. Calc memungkinkan anda untuk membuat laporan angka. Cara kerja aplikasi ini sama seperti Microsoft Excel.

2. Impress

Program dari Apache OpenOffice yang satu ini bekerja seperti Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk membuat sebuah presentasi. Impress juga memungkinkan anda untuk menyimpan file dalam bentuk SWF atau format file dari Adobe Flash. Sehingga, anda dapat memutar file tersebut pada komputer yang terpasang Flash Player.

3. Draw

Draw adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk menggambar vektor grafis. Sama halnya dengan fungsi menggambar pada beberapa aplikasi di Microsoft Office. Namun, Draw dari Apache OpenOffice memiliki aplikasi tersendiri yang digunakan untuk menggambar vektor grafis.

4. Math

Download Apache OpenOffice Terbaru
Tampilan Apache OpenOffice

Program Math dari Apache OpenOffice ini bekerja seperti Microsoft Equation Editor. Math memungkinkan anda untuk membuat persamaan atau formula yang ada dalam matematika. Aplikasi ini mendukung beberapa font atau huruf dari formula matematika.

5. Base

Base adalah sebuah program database management. Aplikasi ini bekerja seperti Microsoft Access. Aplikasi ini juga memungkinkan anda menggunakan fungsi dari Access databases (JET), ODBC data source dan MySQL/PostgreSQL. Selain aplikasi pendukung produktivitas perkantoran, Apache OpenOffice juga mendukung beberapa aspek lainnya. Seperti:

  1. Fonts. Apache OpenOffice ini mendukung beberapa huruf atau fonts. Seperti DejaVu, the Gentium fonts dan lisensi apache dari sistem operasi Chrome (Sans Serif dan Cousine).
  2. OpenOffice Basic.OpenOffice Basic adalah sebuah Bahasa pemrograman dari Apache OpenOffice. Bahasa pemrograman ini sama hal nya seperti Microsoft Visual Basic (VBA). Bahasa pemrograman ini mendukung makro seperti pada Microsoft Excel.
  3. Format Dokumen. Apache OpenOffice memiliki format tersendiri dari OpenOffice.org (ODF) dan beberapa format dokumen pada umumnya. Namun, Apache OpenOffice tidak mendukung format dokumen terbaru dari Microsoft seperti DOCX. Program hanya dapat membaca dan tidak dapat mengedit tulisan.

Download Apache OpenOffice Terbaru

Itulah beberapa paket aplikasi dan aspek pendukung yang disediakan oleh Apache OpenOffice. Pada dasarnya Apache OpenOffice adalah sebuah kumpulan aplikasi yang digunakan untuk keperluan perkantoran. Paket aplikasi ini bekerja seperti Microsoft Office yang juga digunakan untuk aplikasi prokdutivitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here