Download Android Studio Terbaru 2.3.3

Download Android Studio TerbaruPublisher: Google Inc.
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 2GB

Android Studio merupakan perangkat lunak IDE (Integrated Development Environment) yang di desain khusus untuk pengembangan perangkat lunak Android. Android Studio tersedia untuk sistem operasi Windows, MacOS dan sistem operasi berbasis Linux. Android Studio menggantikan Eclipse Android Development Tools (Eclipse ADT) sebagai IDE utama untuk pengembangan aplikasi native Android. Tujuan Google secara resmi menyediakan Android Studio adalah untuk mempercepat pengembangan perangkat lunak Android serta membantu pengembang untuk menghasilkan aplikasi yang berkualitas tinggi untuk setiap perangkat Android. Android Studio menawarkan beragam tools termasuk code editor yangkaya akan fitur, debugging, testing dengan emulator berbagai perangkat Android dan profiling tools yang tentunya akan sangat berguna untuk mempermudah pengembangan perangkat lunak yang kompatibel dengan berbagai versi dan variasi perangkat Android.

1. Kode dan iterasi lebih cepat dari sebelumnya

Download Android Studio Terbaru
Tampilan Android Studio

Android Studio dibuat dengan basis IntelliJ IDEA, sebuah IDE Java terintegrasi yang dikembangkan untuk perangkat lunak komputer oleh JetBrains (sebelumnya bernama IntelliJ), hal tersebut memungkinkan tahap pengkodean (coding) dan pengulangannya menjadi lebih cepat. Code editor pada Android Studio membantu pengembang untuk mengetik kode dengan lebih baik, lebih cepat, dan lebih produktif dengan menawarkan ‘advanced code completion’, ‘refactoring’, dan ‘code analysis’.

2. Android Emulator yang tangguh dan kaya akan fitur

Fitur ‘Instant Run’ pada Android Studio mampu menerapkan perubahan kode dan resource langsung ke perangkat lunak sehingga testing dapat dilakukan dengan cepat. Cocok digunakan oleh developer yang sering menguji-coba perangkat lunaknya pada emulator tanpa harus me-restart emulator atau me-rebuild file APK.

Fitur ‘Android Emulator’ mengijinkan pengembang untuk meng-install dan menjalankan perangkat lunak yang dikembangkannya dengan lebih cepat serta dapat dikonfigurasi untuk mengemulasikan berbagai perangkat Android seperti smartphones, tablet, Android Wear, dan Android TV. Anda juga dapat mensimulasikan berbagai variasi fitur perangkat keras seperti lokasi GPS, jaringan tersembunyi, sensor gerak, dan ‘multi-touch input’.

3. Terintegrasi dengan GitHub untuk dukungan pekerjaan

Android Studio terintegrasi dengan version control system, seperti GitHub (atau ‘git’ saja), sehingga proyek pengembangan perangkat lunak dapat dilakukan secara bersama dan selaras antar sesama anggota tim. Hal itu menjadikan Android Studio fleksibel dalam membangun sistem, Anda dapat mengkonfigurasi proyek perangkat lunak yang Anda kembangkan untuk menyertakan library lokal (internal) atau library yang disimpan di host, serta menentukan varian build yang menyertakan source code yang berbeda.

4. Disertai dengan template kode dan contoh aplikasi

Android Studio menyertakan template proyek dan kode yang memudahkan Anda dalam menambahkan fitur ‘drawer navigation’, ‘view pager’ dan masih banyak lagi. Anda juga dapat memulai proyek dengan kode template atau bahkan memilih API di editor dan memilih ‘FindSample Code’ untuk mencari contoh aplikasi. Selain itu, Anda dapat mengimpor aplikasi fungsional sepenuhnya dari GitHub.

Download Android Studio terbaru

Android Studio sepenuhnya mendukung pengeditan file proyek C / C ++ sehingga Anda dapat dengan cepat membangun komponen JNI di aplikasi Anda. Selain itu Android Studio terintegrasi dengan Firebase dan Cloud untuk dapat menambahkan layanan seperti Analytics, Otentikasi, Pemberitahuan, dan lain sebagainya dengan prosedur step-by-stem (wizard) di dalam Android Studio. Tool yang terintegrasi untuk Google Cloud Platform juga membantu mengintegrasikan aplikasi Android dengan layanan seperti Google Cloud Endpoints dan modul proyek yang dirancang khusus untuk Google App Engine.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here