Download Android SDK Terbaru 25.2.3

Download Android SDK TerbaruPublisher: Google Inc.
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 132MB

JawaraFile.com – Android Software Development Kit (Android SDK) merupakan seperangkat tools untuk mengembangkan perangkat lunak yang diperuntukkan bagi platform Android. Termasuk didalamnya terdapat debugger, library, emulator berbasis QEMU, dokumentasi, contoh kode, dan tutorial. Platform pengembangan yang didukung mencakup komputer dengan sistem operasi Linux (distribusi yang menggunakan desktop environment modern), Mac OS X 10.5.8 atau yang lebih baru, dan Windows 7 atau yang lebih baru. Sebagai SDK, Android SDK tentunya membutuhkan Integrated Development Environment (IDE), Eclipse secara resmi menggunakan plugin Android Development Tools (ADT) untuk mendukung Android SDK, selain itu IDE IntelliJ dan NetBeans IDE juga mendukung pengembangan Android melalui sebuah plugin. Aplikasi Android yang dihasilkan dikemas dalam format .apk dan dapat dipasang pada perangkat dengan sistem operasi Android (emulator atau perangkat nyata). Paket APK berisi file .dex (file kode byte terkompilasi yang disebut Dalvik Executable), file resource, dll.

Kegunaan Android SDK

Download Android SDK Terbaru

Tampilan Android SDK

Android SDK dilengkapi dengan Android Debug Bridge untuk berkomunikasi antar perangkat. Android Debug Bridge (ADB) adalah toolkit yang disertakan dalam paket Android SDK. Android Debug Bridge terdiri dari program client dan server yang berkomunikasi satu sama lain. Android Debug Bridge biasanya diakses melalui Command Line Interface (CLI, seperti Console atau Terminal), meskipun begitu banyak tools Graphical User Interface (GUI) tersedia untuk mengontrol Android Debug Bridge. Untuk berkomunikasi dengan perangkat melalui sambungan USB, Anda perlu mengaktifkan layanan “USB Debugging” pada perangkat yang bersangkutan.

Android SDK juga berfungsi memodifikasi file system perangkat dengan mudah menggunakan fitur Fastboot. Fastboot adalah protokol diagnostik yang disertakan dengan paket Android SDK, digunakan terutama untuk memodifikasi file system melalui koneksi USB dari komputer (sebagai host). Prosedur Fastboot mengharuskan perangkat dijalankan dalam mode boot loader atau Secondary Program Loader, dimana hanya inisialisasi hardware yang paling dasar yang dilakukan. Setelah mengaktifkan protokol pada perangkat smartphone/PC tablet, perangkat tersebut akan menerima serangkaian perintah tertentu yang dikirim melalui USB menggunakan sebuah baris perintah.

Fastboot dapat menjalankan perintah “flash” untuk me-rewrite partisi dengan file binary image yang tersimpan pada komputer host, “erase” untuk menghapus partisi tertentu dan membersihkan data didalamnya, “reboot” untuk me-reboot perangkat agar bisa masuk ke sistem operasi utama (bukan boot loader), memulihkan partisi sistem atau kembali masuk ke boot loader, “devices” untuk menampilkan daftar semua perangkat (dengan nomor seri) yang terhubung ke komputer host, dan “format” untuk mem-format partisi tertentu dengan file system partisi yang dikenali oleh perangkat.

Download Android SDK Terbaru

Android SDK juga dilengkapi dengan sejumlah besar library untuk mendukung kompatibilitas perangkat lunak dengan API yang lebih baru (class, method, dan framework yang lebih baru) sehingga pengembangan dapat terus berlanjut tanpa kehilangan kompatibilitas dengan teknologi terbaru. Sejumlah kelas juga berguna sebagai “helper” atau pembantu terutama untuk pengembangan user interface, misalnya kelas RecyclerView menyediakan widget user interface untuk menampilkan dan mengelola daftar yang sangat panjang. Download Android SDK terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Comments (No)

Leave a Reply