Download AdwCleaner Terbaru 7.0.8.0

Download AdwCleaner TerbaruPublisher: Xplode Development Team
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 8MB

AdwCleaner adalah perangkat lunak gratis (freeware) yang memiliki fungsi untuk mendeteksi dan membersihkan perangkat lunak yang tidak diinginkan seperti adware, toolbar, program yang membajak halaman awal browser dan perangkat lunak yang berpotensi tidak diinginkan (Potentially Unwanted Program, PUP). AdwCleaner termasuk perangkat lunak antivirus atau lebih tepatnya anti-adware, perangkat lunak ini dikembangkan oleh Xplode Development Team dari perusahaan yang fokus pada pengembangan perangkat lunak keamanan, Malwarebytes. Pengguna dapat memindai shortcuts, registry, dan ekstensi browser yang mungkin berbahaya. AdwCleaner juga dapat mendeteksi bloatware (perangkat lunak yang “memakan” resource besar) dan PUP lainnya seperti link Ebay di desktop.

Kegunaan AdwCleaner

Download AdwCleaner Terbaru
Tampilan AdwCleaner

Salah satu fungsi AdwCleaner adalah menghapus adware dari komputer Anda. Adware, atau perangkat lunak yang mengandung iklan, adalah perangkat lunak yang secara otomatis memuat iklan untuk menghasilkan pendapatan bagi author-nya. Iklan mungkin dimuat di antarmuka pengguna perangkat lunak atau pada layar yang disajikan kepada pengguna selama proses instalasi. Fungsi tersebut dapat dirancang untuk menganalisis situs internet mana yang dikunjungi pengguna dan untuk mempresentasikan iklan yang berkaitan dengan jenis barang atau layanan yang ada di sana.

Istilah adware terkadang digunakan untuk merujuk ke perangkat lunak yang menampilkan iklan yang tidak diinginkan yang dikenal sebagai perangkat lunak perusak (malware). Karena berpotensi membahayakan komputer Anda, adware sebaiknya dihapus untuk keamanan serta efisiensi performa komputer Anda.

AdwCleaner juga berperan penting menghapus PUP atau PUA yang membebani komputer Anda. Program yang berpotensi tidak diinginkan (PUP, Potentially Unwanted Program) atau aplikasi yang berpotensi tidak diinginkan (PUA, Potentially Unwanted Application) adalah perangkat lunak yang dapat membahayakan privasi atau melemahkan keamanan komputer. PUP atau PUA biasanya menampilkan iklan yang mengganggu, atau melacak penggunaan internet pengguna untuk menjual informasi kepada pengiklan, menyuntikkan iklannya sendiri ke halaman web yang dilihat pengguna dan menginstal sebuah sertifikat root pada perangkat pengguna, yang memungkinkan peretas untuk membajak data pribadi seperti rincian perbankan atau email.

Selain itu, AdwCleaner juga digunakan untuk mencegah pembajakan web browser (browser hijacking). Pembajakan browser (dalam bahasa inggris disebut browser hijacking) adalah perangkat lunak berbahaya yang dapat mengubah setelan peramban web tanpa izin pengguna, untuk menyuntikkan iklan yang tidak diinginkan ke browser pengguna. Pembajak browser dapat mengganti halaman antarmuka, halaman kesalahan, atau mesin pencari dengan caranya sendiri. Pembajak browser umumnya digunakan untuk memaksa klik ke situs web tertentu, meningkatkan pendapatan iklannya.

Beberapa pembajak browser juga mengandung spyware, misalnya beberapa menginstal keylogger perangkat lunak untuk mengumpulkan informasi seperti rincian otentikasi perbankan dan e-mail. Beberapa pembajak browser juga dapat merusak registry pada sistem Windows, seringkali secara permanen.

Download AdwCleaner terbaru

Anda mungkin sekarang sudah mengerti bahaya Adware bagi sistem serta data pribadi Anda, bukan hanya karena Anda terganggu dengan adanya iklan yang tampil namun adanya potensi malware lain yang menyertainya, tunggu apalagi? Segera amankan komputer Anda dari ancaman yang lebih serius, namun perlu diingat AdwCleaner tidak untuk digunakan sebagai antivirus utama pada komputer karena fungsinya fokus pada pembersihan adware.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here