Data-adalah-definisi-jenis-fungsi-metode-akuisisi
General

Data adalah: definisi, jenis, fungsi, metode akuisisi

Data adalah: definisi, jenis, fungsi, metode akuisisi

Definisi data

Data merupakan kumpulan informasi dari sesuatu yang diperoleh melalui observasi terhadap sumber tertentu. Data yang diperoleh bisa menjadi fakta karena belum diolah lebih lanjut. Setelah diproses melalui penelitian, data dapat menjadi bentuk yang lebih kompleks seperti database, informasi, bahkan solusi untuk masalah tertentu.

Data-adalah-definisi-jenis-fungsi-metode-akuisisi

Dari segi bahasa, kata “tanggal” didapat dari kata “tanggal” dalam bahasa Romawi yang berarti sesuatu yang diberikan. Oleh karena itu definisi data yang sebenarnya diberikan, karena ketika akan disediakan, data telah menjadi informasi standar dan kebenarannya diakui.

Jenis data

Jenis data ada dua (dua) jenis, yaitu:
1. Data primer

Berdasarkan asal sumbernya, data primer sebenarnya berupa angka, skala, dll. Yang diperoleh langsung dari sumbernya. Cara mendapatkannya melalui wawancara langsung (langsung) dan observasi serta jajak pendapat. Anda juga dapat membagikan kuesioner kepada beberapa orang yang Anda memenuhi syarat. Hasil yang Anda dapatkan akan lebih akurat, tetapi sayangnya akan menyita banyak waktu dan anggaran Anda.

2. Data sekunder

Data sekunder merupakan hasil perhitungan yang tidak diperoleh secara langsung, melainkan berasal dari sumber-sumber yang ada di buku, majalah, arsip dan sumber lainnya. Pastikan sumber yang Anda gunakan untuk mendapatkan data dapat diandalkan dan akurat. Meskipun menghemat lebih banyak uang dan waktu, hasilnya masih 100% tidak dapat diandalkan.
Fungsi data

Data berguna sebagai pengambil keputusan terbaik dalam menyelesaikan masalah, dapat digunakan sebagai dasar penelitian, dapat digunakan sebagai acuan dalam setiap pelaksanaan suatu kegiatan, dan terakhir data juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi. Data dapat dibandingkan dengan dasar perencanaan semua tindakan yang diambil.
Lihat juga: materi sepakbola
Metode pengumpulan data

Dalam suatu penelitian, metode pengumpulan data merupakan faktor penting yang harus diketahui terlebih dahulu untuk menentukan keberhasilan dalam penelitian. Metode ini sama dengan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data, mencari sumber, dan alat yang digunakan dalam suatu penelitian.
Metode pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan angket. Berikut penjelasannya.
Pengamatan pertama

Observasi merupakan salah satu teknik perolehan data yang tidak hanya mengukur sikap responden seperti wawancara dan kuesioner, tetapi dapat juga digunakan selama observasi untuk merekam berbagai fenomena seperti situasi dan kondisi yang ada. Teknik observasi dibagi menjadi dua bidang:

Observasi partisipan Teknik observasi partisipan, peneliti terlibat langsung dalam aktivitas masyarakat sehari-hari.
Observasi Non Partisipan Teknik ini kebalikan dari teknik observasi partisipan, dimana peneliti tidak berpartisipasi dalam aktivitas.

2. Wawancara

Wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab antara peneliti dengan narasumber.
Wawancara dibagi menjadi 2 (dua).

Wawancara terstruktur adalah peneliti yang sudah mengetahui dengan pasti informasi apa yang ingin mereka terima dari responden, sehingga daftar pertanyaan telah disusun secara sistematis.
Wawancara tak terstruktur merupakan kajian mandiri dalam artian peneliti tidak menggunakan pedoman wawancara yang memuat pertanyaan-pertanyaan khusus untuk ditanyakan. Dalam wawancara ini dia hanya memuat poin-poin penting.

3. Kuesioner

Kuesioner, atau kuesioner, adalah teknik pengumpulan data yang melibatkan menanyakan kepada responden serangkaian pertanyaan untuk dijawab. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat menulis kuesioner

 

 

LIHAT JUGA

https://www.wboc.com/story/43455665/12-best-bokeh-video-editing-applications-for-android-phones
https://www.wboc.com/story/43455663/10-bokeh-video-applications-and-download-links-free
https://www.wboc.com/story/43455642/12-free-bokeh-video-applications-with-interesting-features
https://www.wboc.com/story/43455664/6-of-the-best-and-free-iphone-bokeh-video-applications
https://canvas.emerson.edu/eportfolios/38988/Home/Easy_Ways_to_Make_Bokeh_Videos_and_Recommended_Editing_Applications
https://canvas.mooc.upc.edu/eportfolios/1977/Home/10_Android_and_iPhone_Bokeh_Video_Applications_with_Natural_Effects
https://exedprograms.kellogg.northwestern.edu/eportfolios/348/Home/10_Fullfeatured_Bokeh_Video_Applications_for_Android
https://canvas.uccs.edu/eportfolios/9755/Home/The_Most_Recommended_Bokeh_Video_Editing_Application_for_Android
https://canvas.spu.edu/eportfolios/20923/Home/A_MustHave_Bokeh_Video_Application_for_YouTubers
https://canvas.oli.cmu.edu/eportfolios/437/Home/Most_Popular_Bokeh_Video_Application
https://exposicionesmapfrearte.com/
https://merekbagus.co.id/
https://excite.co.id/