Contoh-Contoh Kalimat Persuasif dalam Teks Negosiasi
Umum

Contoh-Contoh Kalimat Persuasif dalam Teks Negosiasi

Rate this post

5 Contoh Kalimat Persuasif Dalam Teks Negosiasi Sebagai Inspirasi Anda

Contoh-Contoh Kalimat Persuasif dalam Teks Negosiasi

Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi tentang lingkungan

Apa yang dimaksud dengan persuasif? Persuasi adalah salah satu cara komunikasi untuk mempengaruhi, mengajak, membujuk orang lain untuk melakukan sesuatu yang diinginkan. Berikut beberapa kalimat persuasif dalam teks negosiasi tentang lingkungan.

Mari jaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai.
Jangan membuang sampah sembarangan di titik nol lokasi pembangunan ibu kota negara nusantara.
Sebaiknya pimpinan pabrik memberikan arahan kepada karyawannya untuk tidak membuang limbah cair ke sungai karena dapat mencemari sungai dan berdampak buruk bagi ekosistem ikan di sungai.
Mari memilah dan memilah sampah menjadi sampah organik, non organik, kaca, kertas, dan plastik.
Segera laporkan ke satpam setempat jika pada saat libur lebaran ada pergerakan mencurigakan dari masyarakat yang memantau kondisi rumah kosong di kawasan pemukiman.

Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi tentang kesehatan

Apa itu kalimat persuasif? Kalimat yang bersifat ajakan, saran, himbauan dengan tulisan yang menarik, kreatif, singkat dan padat agar orang lain mengikuti apa yang diinginkan penulis. Berikut ini adalah kalimat persuasif dalam teks negosiasi tentang kesehatan:

-Berhenti merokok karena merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, hipertensi, serta gangguan kehamilan dan janin.

Vaksinasi covid-19 bukanlah obat untuk gejala virus covid-19, tetapi penting untuk melindungi tubuh agar tidak terinfeksi dan mencegah penularan virus covid-19.

-Jalan kaki selama 30 menit setiap hari sangat baik untuk kesehatan karena mencegah serangan jantung dan kolesterol.

-Alangkah baiknya jika Anda makan dua buah pisang yang mengandung vitamin dan kalsium untuk menggantikan sepiring nasi putih yang mengandung karbohidrat tinggi.

-Sarapan baik untuk kesehatan karena mengandung energi yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari. Perhatikan asupan gizi pada sarapan pagi yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin. Jika tidak sarapan, tubuh akan terasa lemas dan dapat mengganggu konsentrasi dalam beraktivitas.

-Hindari membaca buku di tempat yang kurang penerangan karena dapat mengganggu kesehatan mata Anda.

Sering-seringlah minum air putih 8 gelas sehari untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh Anda dan menghindari dehidrasi yang dapat mengganggu konsentrasi Anda.

Apa saja contoh paragraf persuasif tentang lingkungan? Contohnya bisa tema apa saja, seperti lingkungan rumah, lingkungan keamanan, lingkungan sekolah, lingkungan kantor. Contoh paragraf persuasif tentang lingkungan sekolah:

Sebagai siswa yang baik, belajar menjadi kewajiban utama. Namun, siswa juga perlu memperhatikan kebersihan lingkungan sekolahnya dengan membuang sampah pada tempatnya. Jika Anda makan jajan atau istirahat di kantin, sebaiknya segera buang bungkus makanan dan minuman di tempat sampah yang tersedia.

Begitu juga jika siswa buang air besar di WC harus memperhatikan kebersihan WC. Caranya adalah dengan segera menyiram toilet agar tidak ada bau tidak sedap dari toilet. Mari kita jaga kebersihan lingkungan sekolah agar proses belajar mengajar berjalan dengan aman dan nyaman.
Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi tentang pendidikan

Apa saja contoh teks persuasif tentang pendidikan dan lingkungan? Berikut ini adalah teks persuasif bertema pendidikan: Sebagai mahasiswa baru di suatu perguruan tinggi, Anda harus meningkatkan keterampilan dan kemampuan Anda tidak hanya secara akademis tetapi juga non-akademik.

Misalnya dengan mengikuti kegiatan kemahasiswaan. Sebab, pendidikan karakter tentang kepemimpinan dan pemecahan masalah dapat Anda asah dengan aktif mengikuti kegiatan kepanitiaan dan kemahasiswaan seusai kelas.

Selain itu, sosialisasi dan networking juga sangat penting dalam persaingan kerja kedepannya. Jadi, manfaatkan waktu Anda sebaik mungkin saat belajar. Caranya adalah proaktif selama jam kuliah dan setelah kelas berakhir.

Berikut teks persuasi bertema lingkungan: Kegiatan gotong royong saat ini sudah jarang terlihat. Alasannya karena warga sibuk dengan pekerjaannya masing-masing.

Padahal, manfaat gotong royong itu banyak, antara lain menumbuhkan toleransi dan solidaritas antar warga, saling mengenal antar tetangga, dan bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan bersama misalnya membersihkan sampah yang berserakan di jalanan pemukiman dan membersihkan selokan agar lancar saat musim hujan. Sekarang,

Sumber :