Algoritma-adalah-definisi-sejarah-kriteria-contoh
General

Algoritma adalah: definisi, sejarah, kriteria, contoh

Algoritma adalah: definisi, sejarah, kriteria, contoh

Pahami algoritme

Algoritma merupakan langkah sistematis dan logis dalam menyelesaikan suatu masalah. Ada tiga cara untuk membangun algoritma, yaitu (1) dengan merumuskan langkah-langkah pemecahan masalah yang menyusun kalimat; (2), menggabungkan kalimat dengan fragmen lapisan dalam bahasa pemrograman (misalnya Pascal). Biasanya ini juga disebut sebagai pseudocode: dan (3) menggunakan diagram alur. (Saniman dan Muhammad Fathoni: Pengantar Algoritma dan Pemrograman).

Algoritma-adalah-definisi-sejarah-kriteria-contoh

Algoritma adalah inti dari ilmu komputer dan ilmu komputer. Ada banyak bidang ilmu komputer yang dapat dikaitkan dengan terminologi algoritmik. Namun, Anda tidak boleh berasumsi bahwa algoritme hanya pernah diidentifikasi dengan ilmu komputer. Misalnya cara membuat kue, dan juga masakan yang dituangkan dalam sebuah resep. Ini juga merupakan algoritme.

Definisi algoritma terdiri dari serangkaian langkah di mana suatu masalah diselesaikan secara sistematis dan logis. Ada dua kata yang kami fokuskan, sistematis dan logis. Algoritma merupakan langkah yang disusun secara tertulis dan juga berlangsung secara berurutan agar dapat menyelesaikan suatu masalah.

Sejarah istilah “algoritma”

Kata algoritme juga berasal dari Latinisasi nama matematikawan Uzbekistan Al Khawarizmi (hidup sekitar abad ke-9), seperti yang akan ditemukan dalam terjemahan karyanya dalam bahasa Latin abad ke-12 “Algorithmi de numero Indorum”. Algoritma Kata merupakan istilah yang mengacu pada aturan aritmatika untuk dapat menyelesaikan masalah dengan angka numerik arab (sebenarnya dari india, seperti yang tertulis pada judul diatas). Pada abad ke-18, istilah ini juga dengan cepat berkembang menjadi algoritme yang mencakup semua prosedur atau urutan langkah yang jelas yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu masalah. Masalah ini terjadi saat menuangkan bagaimana cara melewatkan proses dalam suatu sistem (program) ke komputer agar komputer dapat bekerja sesuai dengan yang diharapkan pada saat dijalankan. Pemrogram komputer ini akan lebih mudah untuk mengisi proses perhitungan atau bahkan urutan langkah-langkah proses dengan mengambil gambar terlebih dahulu.
Lihat juga: Hari terakhir adalah

Pahami algoritma menurut para ahli

Berdasarkan definisi algoritma atau bahkan pengertian algoritma yang dijelaskan oleh Rinadil Muni, algoritma merupakan urutan langkah-langkah logis yang menyelesaikan masalah yang tersusun secara sistematis.

Pengertian algoritma dan juga definisi algoritma menurut KBBI merupakan konsekuensi logis dari pengambilan keputusan agar dapat menyelesaikan masalah.

Menurut Wikipedia, istilah “algoritma” berarti bahwa metode yang efektif diekspresikan sebagai serangkaian instruksi terbatas yang didefinisikan dengan sangat baik untuk dapat menghitung suatu fungsi. Dengan asumsi keadaan awal serta masukan awal (mungkin kosong), instruksi ini menjelaskan kalkulasi yang, ketika dieksekusi, diproses oleh urutan kondisi terbatas yang dapat didefinisikan dengan sangat baik, yang pada gilirannya menghasilkan “keluaran” dan juga dalam keadaan terakhirnya berhenti. Transisi dari satu kondisi ke kondisi berikutnya tidak selalu deterministik. Ada beberapa algoritma yang dikenal sebagai algoritma pengacakan yang menggunakan input acak. ”
Kriteria algoritma

Menurut Donald E. Knuth, algoritme yang baik memiliki kriteria sebagai berikut:
1. Masukan

Algoritme harus memiliki 0 atau lebih input, yang juga berarti bahwa ada kemungkinan algoritme tidak memiliki input langsung dari pengguna, tetapi juga dapat mewakili beberapa input. Algoritme ini tidak memiliki masukan langsung dari pengguna, jadi kita dapat menginisialisasi atau membuatnya dalam algoritme.
Edisi ke-2

Algoritme harus memiliki satu atau lebih algoritme. Algoritma tanpa keluaran adalah algoritma pemborosan waktu yang tidak perlu dilakukan. Algoritma dibuat untuk menghasilkan sesuatu yang diinginkan yaitu berupa keluaran.
3. Keterbatasan

Pekerjaan apa pun yang telah dilakukan pasti bisa berhenti. Algoritme juga harus dijamin dan dihentikan setelah serangkaian langkah pemrosesan.
Lihat juga: √ Contoh metaphorical majas
4. Penentuan

Tidak bisa menciptakan makna yang ambigu. Setiap baris tindakan atau pernyataan dalam suatu algoritma haruslah aman, yang artinya tidak dapat menyebabkan interpretasi yang berbeda untuk setiap pembaca algoritma agar dapat memberikan keluaran seperti yang diharapkan oleh pengguna.
5. Efektivitas

Langkah algoritma diikuti

 

Lihat Juga :

https://t.me/belajarngeblogbareng/41
https://t.me/belajarngeblogbareng/42
http://10109113.blog.unikom.ac.id/6-aplikasi-video.86q
http://blog.upnyk.ac.id/ellen-blog/417/artikel-12-aplikasi-edit-video-bokeh-terbaik-untuk-hp-android
http://blog.upnyk.ac.id/ellen-blog/418/artikel-pengertian-jaringan-epidermis
https://teknologi.id/question/social/apa-itu-aplikasi-bokeh
https://exposicionesmapfrearte.com/alight-motion-pro/
https://exposicionesmapfrearte.com/video-bokeh-museum/
https://jurnal.uns.ac.id/jmme/comment/view/25832/0/73248
https://jurnal.uns.ac.id/jmme/comment/view/25832/0/73249
http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/comment/view/3889/0/58289
https://www.bignewsnetwork.com/news/267953844/recommended-9-latest–best-bokeh-video-applications
https://www.bignewsnetwork.com/news/267953845/9-bokeh-video-applications-for-low-spec-smartphones
https://www.bignewsnetwork.com/news/267953846/how-to-edit-video-bokeh-with-vsdc
https://www.bignewsnetwork.com/news/267953845/9-bokeh-video-applications-for-low-spec-smartphones